FASILITAS
1. Ruang Kuliah
Ruang kuliah dilengkapi dengan LCD Proyektor, Komputer, AC, Akses Point, White board dan Microphone Ruang kuliah yang nyaman diharapkan mampu menunjang proses pembelajaran mahasiswa.

2. Laboratorium Terpadu
Dalam rangka meningkatkan keterampilan psikomotor mahasiswa, Universitas Kusuma Husada Surakarta menyediakan laboratorium terpadu untuk mengaplikasikan teori yang telah didapatkan dikelas. Laboratorium terpadu terdiri dari laboratorium dasar, keperawatan dan kebidanan.

3. Laboratorium Komputer (CBT)
Universitas Kusuma Husada Surakarta menyediakan fasilitas laboratorium komputer yang dapat digunakan untuk kegiatan ujian tengah semester, ujian akhir semester maupun blok serta uji kompetensi lulusan.

4. Laboratorium Bahasa
Universitas Kusuma Husada Surakarta menyediakan fasilitas laboratorium bahasa untuk mempermudah penyampaian materi khususnya bahasa asing. Pembelajaran bahasa asing melalui laboratorium bahasa dibagi menjadi 3 fungsi dasar yaitu, percakapan (conversation), mendengarkan (listening) dan fungsi manajemen instruktur dalam mengatur kegiatan belajar mengajar.

5. Perpustakaan
Perpustakaan Universitas Kusuma Husada Surakarta menyediakan sumber-sumber informasi berupa buku, non buku maupun jurnal-jurnal penelitian baik nasional maupun internasional yang dapat diakses mahasiswa secara on line maupun off line . Sebagai jantung Perguruan Tinggi, perpustakaan Universitas Kusuma Husada Surakarta terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber referensi pembelajaran dan kualitas pelayanan.

Profil

Perpustakaan merupakan unit pelaksana teknis yang bertugas menyediakan dan mendayagunakan bahan pustaka, melakukan referensi, memelihara bahan pustaka melakukan tata usaha perpustakaan. Perpustakaan dibangun dengan arsitektur yang indah dan menarik, ruangan yang nyaman, koleksi buku yang sampai saat ini lebih dari 5700 eksemplar dan jaringan internet.

Visi dan Misi

Visi

Menjadikan Perpustakaan Universitas Kusuma Husada Surakarta sebagai pusat layanan informasi yang profesional dalam memberikan pelayanan kepada pengguna.

Misi

Memenuhi kebutuhan informasi untuk menunjang proses belajar mengajar, penelitian dilingkungan civitas akademika Universitas Kusuma Husada Surakarta.

Motto dan Sikap Kerja
MOTTO "Kepuasanmu adalah kebahagianku"
SIKAP KERJA "Senyum, Salam, Sopan, Santun, Simpatik "

Struktur Organisasi UPT. Perpustakaan Universitas Kusuma Husada Surakarta


Layanan


JAM PELAYANAN PERPUSTAKAAN

UNIVERSITAS KUSUMA KUSUMA HUSADA SURAKARTA


1. SENIN-KAMIS : 08.00-16.00

2.JUMAT : 08.00-16.30

CATATAN

Mahasiswa yang berkunjung ke Perpustakaan Universitas Kusuma Husada Surakarta harus membawa kartu anggota Perpustakaan jika ingin meminjam buku. Selain Mahasiswa Universitas Kusuma Husada Surakarta wajib melapor terlebih dahulu ke petugas Perpustakaan & mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Baik mahasiswa maupun dosen yang berkunjung ke Perpustakaan diwajibkan mengisi daftar hadir buku pengunjung Perpustakaan.

Jenis layanan yang di berikan kepada pengunjung Perpustakaan Universitas Kusuma Husada Surakarta:

1. Layanan sirkulasi : layanan yang diberikan kepada pengunjung untuk peminjaman koleksi Perpustakaan.

2. Layanan Koleksi Khusus adalah layanan yang diberikan kepada pengunjung untuk membaca di tempat atau memfoto copy sebagian koleksi Referensi, Karya Iimiah, Tandon dan Serial.

3. Layanan Penelusuran Informasi secara elektronik (Online Public Access catalogue/OPAC), yaitu layanan mandiri kepada pengguna perpustakaan berupa penyediaan komputer penelusuran katalog koleksi perpustakaan.

Foto Perpustakaan

Bagi mahasiswa luar Universitas Kusuma Husada Surakarta yang ingin menjadi anggota baca, dengan syarat :


1) Membawa surat dari perguruan tinggi yang bersangkutan

2) Kartu baca berlaku untuk 1 bulan dan dapat diperpanjang

JAM PELAYANAN PERPUSTAKAAN

UNIVERSITAS KUSUMA KUSUMA HUSADA SURAKARTA

1. Bagi mahasiswa yang berkunjung ke Perpustakaan hendaknya berpakaian sopan, tas, jaket, map di masukkan dalam loker almari yang telah disediakan.

2. Wajib membina kerjasama dengan Pustakawan agar tercipta ketertiban, kebersihan (dilarang membuang sampah sembarangan) didalam Perpustakaan.

3. Jika ada buku yang ingin ditambahkan dan buku tersebut belum ada dalam daftar koleksi di Perpustakaan, maka mahasiswa hendaknya melaporkan Pustakawan.

4. Peminjaman buku akan dilayani jika mahasiswa Universitas Kusuma Husada Surakarta terdaftar dan mempunyai kartu anggota Perpustakaan.

5. Baik mahasiswa, Dosen & pengunjung luar yang masuk ke Perpustakaan Universitas Kusuma Husada Surakarta wajib mengisi daftar hadir berkunjung.

6. Perpustakaan Universitas Kusuma Husada Surakarta melayani sepenuh hati, mengutamakan ketertiban & kedisiplinan, jika buku yang di pinjam hilang wajib mengganti buku yang sama dan membayar denda sesuai ketentuan.

PEMINJAMAN BAHAN PUSTAKA

Alur Peminjaman Bahan Pustaka

1. Peminjam mengisi buku pengunjung
2. Peminjam menunjukkan kartu mahasiswa yang berlaku juga sebagai kartu anggota perpustakaan
3. Peminjam mencari/memilih bahan pustaka di komputer
4. Peminjam mencari/memilih bahan pustaka di rak buku
5. Bahan pustaka diserahkan kepada petugas perpustakaan
6. Petugas perpustakaan mencatat bahan pustaka yang dipinjam
7. Petugas perpustakaan meminta kartu anggota sebagai bukti pinjam
8. Bahan pustaka diserahkan kepada peminjam

Aturan Peminjaman Bahan Pustaka

1. Pada Saat meminjam bahan pustaka, anggota perpustakaan harus membawa kartu anggota perpustakaannya
2. Penelusuran buku dapat dibantu oleh petugas perpustakaan, buku tandon dan referensi hanya boleh dibaca dan difotokopi sedangkan KTI (Karya Tulis Ilmiah) hanya boleh di baca, tidak boleh dipinjam maupun difotokopi.
3. Maksimal buku yang dipinjam untuk mahasiswa 4 buku, untuk dosen 4 buku & dapat diperpanjang sebanyak 2 (dua) kali
4. Jangka waktu peminjaman buku untuk mahasiswa 1 Minggu & dosen 2 Minggu
5. Jika melebihi batas waktu peminjaman akan dikenakan denda Rp. 500,-/buku/hari



NB : Perpanjangan Koleksi Perpustakaan

Datang langsung ke Perpustakaan atau Lewat Email perpus ( info.perpus@ukh.ac.id ) dengan cara : Ketik Nama, Nim, No. Buku dan Barcode
Apabila ada keterlambatan akan diiformasikan & akan ditunda perpanjangannya.

6. Klinik
Universitas Kusuma Husada Surakarta terdapat fasilitas kesehatan berupa klinik yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa, pegawai dan masyarakat umum.

7. Masjid
Di lingkungan kampus terdapat fasilitas ibadah yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa serta pegawai Universitas Kusuma Husada Surakarta.

8. Fasilitas Hotspot (Wifi) di Lingkungan Kampus
Universitas Kusuma Husada Surakarta menyediakan fasilitas hotspot baik bagi mahasiswa maupun pegawai untuk menunjang proses pembelajaran. Fasilitas hotspot berada di seluiruh area kampus Universitas Kusuma Husada Surakarta.

9. Lahan Praktik
Untuk mengaplikasikan keterampilan mahasiswa yang diperoleh selama masa perkuliahan, disediakan lahan praktik bagi mahasiswa. Lahan praktek meliputi Rumah Sakit baik negeri maupun swasta, Dinas Kesehatan, Puskesmas dan unit kesehatan lain.


LAYANAN IT

  1. Visi dan Misi
  2. Visi

    Terwujudnya Layanan Sistem informasi terpadu dan infrastruktur yang baik bagi seluruh civitas Universitas Kusuma Husada Surakarta guna meningkatkan sinergi antar unit kerja, fakultas, Program Studi, dan elemen struktural yang ada demi tercapainya peningkatan kualitas IT di skala nasional maupun internasional.

    Misi

    1. Menyediakan layanan Teknologi Informasi yang baik bagi seluruh civitas Universitas Kusuma Husada Surakarta.
    2. Pengelolaan Teknologi Informasi untuk menunjang pelaksanaan kegiatan operasional rutin.
    3. Mensinergikan setiap unit kerja yang ada melalui penyediaan data dan informasi yang akurat serta infrastruktur yang memadahi.
    4. Mengenalkan Universitas Kusuma Husada Surakarta kepada masyarakat luas melalui internet.
  3. Motto dan Janji Layanan
  4. Motto : "Informasi Teknologi Yang Ramah dan Peduli"

    Janji Layanan : "Memberikan Layanan Yang Aman dan Bermutu"

  5. Struktur Organisasi IT
  6. Biro IT terdiri dari :

    1. Ka. Biro IT
    2. Bagian Pemrogramam
    3. Bagian Hardware dan Software
    4. Bagian Jaringan Internet

    Tupoksi Ka. Biro IT
    1. Menyusun perencanaan pengadaan, program, operasionalisasi dan pembiayaan IT
    2. Merencanakan dan melakukan penataan ruang, design, waktu dan penggunaan IT
    3. Melaksanakan layanan media IT dengan penuh sikap 5 S
    4. Menjamin kelancaran penggunaan layanan perangkat keras dan perangkat lunak IT
    5. Melakukan pengecekan dan pemberian scan secara periodik semua perangkat IT
    6. Mengecek dan memperbaiki secara periodik dan insidental layanan komputer dan IT
    7. Merencanakan dan melakukan pemeliharaan baik software maupun hardware IT
    8. Menyusun penjadwalan pengecekan perangkat keras dan lunak secara periodik
    9. Melaksanakan pengecekan perangkat keras dan perangkat lunak secara periodik
    10. Selalu siap sedia mengatasi gangguan fungsi perangkat keras maupun perangkat lunak
    11. Melakukan inventasisasi aset IT dan mendokumentasikan secara terus menerus
    12. Bertanggung jawab atas kelancaran fungsi dan kelancaran pengguna jasa IT
    13. Bertanggung jawab atas keberadaan barang inventaris dibawah tanggungjawabnya
    14. Berkoordinasi, advokasi dan konsultasi baik dengan pimpinan, teman sejawat dan civitas akademika maupun pengguna jasa IT
    15. Menegakkan peraturan dan tata tertib penggunaan IT baik hardware maupun software
    16. Koordinasi dan konsultasi untuk melakukan pengembangan dan inovasi dibidang IT
    17. Menerima usulan perbaikan dan pengadaan perangkat keras maupun perangkat lunak
    18. Melakukan sosialisasi dan pelatihan civitas akademika dalam penggunaan IT
    19. Membuat evaluasi dan pelaporan secara periodik kepada atasan
    20. Melaksakanan tugas tugas tambahan yang diberikan atasan
    Tupoksi Ka.Sub.Bag Pemrograman
    1. Melaksanakan layanan media IT dengan penuh sikap 5 S
    2. Melakukan pemeliharaan dan perawatan website dan sistem informasi akademik
    3. Menjamin kelancaran website dan sistem informasi akademik
    4. Merancang dan membuat pengembangan website dan sistem informasi akademik
    5. Mengupdate fitur di sistem informasi akademik
    Tupoksi Ka.Sub.Bag Hardware dan Software
    1. Melaksanakan layanan media IT dengan penuh sikap 5 S
    2. Menjamin kelancaran penggunaan layanan perangkat keras dan perangkat lunak IT
    3. Mengecek dan memperbaiki secara periodik dan insidental layanan komputer baik software maupun hardware IT dan mendokumentasikan secara terus menerus
    4. Melaksanakan pengecekan perangkat keras dan perangkat lunak secara periodik
    5. Selalu siap sedia mengatasi gangguan fungsi perangkat keras maupun perangkat lunak
    6. Melakukan inventarisasi aset It dan mendokumentasikan secara terus menerus
    7. Menegakkan peraturan dan tata tertib penggunaan IT baik hardware maupun software
    Tupoksi Ka.Sub.Bag Internet
    1. Melaksanakan layanan media IT dengan penuh sikap 5 S
    2. Menjamin kelancaran penggunaan layanan internet
    3. Memasang dan mengkonfigurasi peralatan jaringan
    4. Memastikan jaringan aman dari gangguan pihak yang tidak bertanggungjawab
    5. Memperbaiki jaringan apabila mengalami gangguan atau kerusakan
  7. Jam Pelayanan
    • Senin-Kamis : 08.00-16.00
    • Istirahat : 12:00-13.00
    • Jum'at : 08.00-16.30
    • Istirahat : 11.30-13.00