PROFIL

  • Program Studi : Prodi Kebidanan Program Sarjana
  • Alamat Email :info.s1bidan@ukh.ac.id
  •  Nomor Telp : (0271) 857724
  • Alamat : jl Jaya Wijaya No II Kadipiro Surakarta
  • Ketua Prodi : Desy Widyastutik, SST.,M.Keb

VISI

Menjadi Penyelenggara Pendidikan Profesi Bidan yang Unggul Dalam Bidang Asuhan Kebidanan Keluarga dan Pengembangan Praktik Mandiri Pada Tingkat ASEAN Tahun 2045.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesi bidan yang mampu memenuhi tuntutan stakeholder berlandaskan etika, moral, nilai – nilai kemanusian dan agama.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian terkait asuhan kebidanan keluarga dan pengembangan praktik mandiri.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil riset yang sesuai kebutuhan masyarakat
  4. Mengembangkan kegiatan kemahasiswaan dan alumni
  5. Mengembangkan jejaring kerjasama baik nasional maupun global yang mendukung pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan bidan yang mampu memenuhi tuntutan stakeholder berlandaskan etika, moral, nilai-nilai kemanusian dan agama.
  2. Menghasilkan penelitian terkait asuhan kebidanan keluarga dan pengembangan praktik mandiri untuk dimanfaatkan bagi pengembangan ilmu, pendidikan serta pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat terkait asuhan kebidanan keluarga dan pengembangan praktik mandiri dengan mengimplementasikan hasil-hasil penelitian.
  4. Menghasilkan kegiatan kemahasiswaan dan alumni yang berkualitas
  5. Menghasilkan kerjasamabaik nasional maupun global untuk mendukung pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi

PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta adalah sebagai berikut :

  1. Pemberi Asuhan Kebidanan (Care Provider)
  2. Lulusan profesi bidan mampu memberikan asuhan kebidanan keluarga secara komprehensif dan profesional yang berfokus pada keunikan perempuan, untuk mencapai reproduksi sehat, pencapaian peran ibu dan kualitas masa pengasuhan anak.
    Lingkup praktik meliputi masa remaja, pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas dan menyusui bayi baru lahir, bayi dan balita, pelayanan kontrasepsi, dan kesehatan reproduksi.
    Asuhan kebidanan keluarga yang berfokus pada upaya promosi, edukasi dan konseling termasuk deteksi dini masalah dan komplikasi, penanganan awal kegawatdaruratan, rujukan, konsultasi dan kolaborasi.
    Pelayanan tersebut melibatkan keluarga dan masyarakat, didukung dengan kemampuan komunikasi, pengambilan keputusan berdasarkan pemikiran kritis, kepekaan, prinsip partnership, standar dan kode etik profesi dan penggunaan teknologi tepat guna yang mendukung proses kealamiahan.  

  3. Komunikator (Communicator)
  4. Lulusan profesi bidan berperan sebagai komunikator dalam memberikan informasi dan edukasi, mengkomunikasikan kebijakan, menyampaikan argumen/pemikiran atau karya inovasi yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan pengembangan profesi.

  5. Penggerak Masyarakat (Community Leader)
  6. Lulusan profesi bidan berperan sebagai penggerak dan pemberdaya masyarakat untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat khususnya perempuan, ibu dan anak dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya yang tersedia.

  7. Pengambil Keputusan Dalam Asuhan Kebidanan (Decision Maker)
  8. Lulusan profesi bidan berperan sebagai pengambil keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, etis dan sistematis.

  9. Pengelola (Manager)
  10. Lulusan profesi bidan berperan sebagai pengelola pada layanan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi perempuan, keluarga berencana dengan memperhatikan potensi dan sumber daya secara efektif efisien serta  mampu mengembangkan ketrampilan dalam pengembangan dalam praktik mandiri bidan.

  1. KETUA PROGRAM STUDI
  2. Tugas Pokok
    1. Menyusun Rencana Strategis (Renstra) dan rencana Operasional (Renop)
    2. Melaksanakan Rencana Operasional
    3. Mengelola perencanaan pengajaran
    4. Mengelola pelaksanaan kurikulum dan implementasinya
    5. Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai standar mutu
    6. Melaksanakan pembinaan, koordinasi terkait dengan proses belajar mengajar
    7. Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat prodi
    8. Mengambil Langkah-langkah penyelesaian permasalahan di pembelajaran
    9. Melaporkan semua kegiatan pembelajaran baik input, proses, output pembelajaran dalam bentuk laporan pendidikan
    10. Mengevaluasi ketercapaian Rencana Operasional
    11. Merencanakan, mengevaluasi, mengembangkan kurikulum (struktur mata kuliah, jejaring matakuliah, RPS, bahan ajar dan RPP
    12. Menetapkan spesifikasi/kompetensi program studi
    13. Menetapkan status/kondisi mahasiswa setiap semester
    14. Menetapkan distribusi dosen pengampu mata kuliah (termasuk praktikum)
    15. Mengevaluasi terhadap proses KRS dan KHS mahasiswa setiap semester
    16. Membantu dan mengendalikan proses belajar mengajar di Program Studi
    17. Melakukan penilaian kinerja dosen prodi dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi
    18. Menetapkan distribusi dosen wali dan monitoring
    19. Menyelenggarakan rapat yudisium
    20. Melakukan koordinasi berbagai kebijakan akademik dengan level sejenjang
    21. Membina kualitas kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan   kompetensi mahasiswa
    22. Menginformasikan kebutuhan kerjasama sesuai kompetensi Prodi
    23. Melaksanakan kegiatan hasil kesepakatan Bersama
    24. Mengembangkan materi perkuliahan (termasuk praktikum)
    25. Koordinasikegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan LPPM, LPM, Laboratorium dan Perpustakaan
    26. Melakukan verifikasi penerbitan ijazah dan transkip nilai
    27. Membuat pelaporan tiap semester baik untuk keperluan manajemen, LPM maupun pihak lain (Kopertis, Dikti, dll)
    28. Melaksanakan proses ijin penyelenggaraan dan proses akreditasi atau reakreditasi Prodi
    29. Melakukan penyetaraan nilai
    30. Mengelola, memonitor dan mengevaluasi kinerja bawahan
    31. Bertanggung jawab dan menyusun organizing di dalam manajemen Prodi
    32. Menetapkan deskripsi tugas masing-masing bagian dalam organizing Prodi
    33. Bertanggung jawab atas terjalinnya hubungan kerjasama
    34. Mengembangkan dosen dosen melalui Tri Dharma Perguran Tinggi sesuai bidangnya
    35. Memotivasi dan mengembangkan kegiatan kemahasiswaan
    36. Menetapkan hasil penilaian mata kuliah yang disusun
    37. Memonitor, mengevaluasi, memotivasi, menggerakan tersusunnya nilai  permata kuliah dari masing-masing coordinator mata kuliah kebagian evaluasi dan sekretaris prodi.
    38. Menetapkan perencanaan anggaran prodi selama 1 tahun
    39. Menetapkan dan memverifikasi laporan keuangan kegiatan Prodi melalui Sekprodi
    40. Memonitor pemasukan dan pengeluaran anggaran setiap 3 bulan sekali melalui sekprodi
    41. Memonitor kelengkapan sarana dan prasarana Prodi melalui Sekprodi
    42. Melakukan kontroling keuangan, sistem PBM Bersama Sekprodi dan bagian terkait
    43. Melaksanakan tugas-tugas lain untuk pekerjaan yang diperintahkan atasan yang mendukung tujuan jabatan.
  3. SEKRETARIS PROGRAM STUDI
  4. Tugas Pokok
    1. Melaksanakan kurikulum dan implementasi
    2. Melaksanaka kegiatan pembelajaran sesuai standar mutu
    3. Melakukan pembinaan, kooordinasi terkait dengan PBM
    4. Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat program studi
    5. Mengammbil langkah-langkah penyelesaian permasalahan di pembelajaran
    6. Melaporkan semuan kegiatan pembelajaran baik input, proses, output pembelajaran
    7. Membantu kaprodi dalam menyusun perencanaan pengajaran, yaitu :
      1. Membuat kalender akademik
      2. Membuat jadwal perkuliahan
      3. Membat team teaching beserta coordinator mata kuliah
      4. Menentukan dosen pengajar
      5. Menentukan dosen wali dan pembimbing akademik
      6. Membuat usulan anggaran belanja prodi (RAB)
      7. Membuat surat menyurat berkaitan dengan Dikjar (Permohonan mengajar, menguji, membimbing dll)
      8. Mengecek administrasi pembelajaran (jurnal perkuliahan, absensi mahasiswa, absensi dosendll)
      9. Mengecek kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran, meliputi ruang dan kelengkapannya
      10. Mengelola administrasi KRS dan KHS mahasiswa setiap semester
      11. Menyiapkan buku-buku pedoman penerimaan mahasiswa baru (Buku Panduan Akademik), Buku Monitoring PA, Praktik Laboratorium, Pedoman Praktik Klinik, Pedoman Tugas Akhir dll
    8. Membantu Kaprodi dalam pelaksanaan pengajaran, meliputi :
      1. Melaksanakan administrasi mengelola RPS, RPP, Kesanggupan mengajar, kontrak belajar dan yang lainnya untuk persiapan pembelajaran
      2. Melaksanakan administrasi pengelolaan monitoring pelaksanaan pembelajaran meliputi :kesesuaian materi yang diberikan dengan RPS, kehadiran dosen dan mahasiswa
      3. Menghimpun hasil verifikasi akhir mata kuliah oleh dosen wali untuk yudisium
      4. Koordinasi pelaksanaan ujian akhir program
      5. Melaksanakan administrasi pelaksanaan UTS, UAS (termasuk menyusun jadwal ujian dan pengawas ujian), ujian akhir dan UKOM
      6. Mengelola administrasi karya tulis ilmiah/skripsi
      7. Mengelola administrasi penelitian belajar/KHS, transkip, sertifikat kompetensi dan SKPI
      8. Mengelola administrasi SIA dan PDPT
    9. Membantu Kaprodi dalam melaksanakan evaluasi PBM, misalnya (jumlah kehadiran dosen dan mahasiswa, ketercapaian RPS dll)
    10. Membantu Kaprodi dalam dokumentasi dan pelaporan evaluasi, meliputi :
      1. Dokumentasi surat masuk dan keluar
      2. Mengusulkan MoU tempat Praktik
      3. Mengumppulkan nilai dari coordinator evaluasi
      4. Membuat laporan pendidikan semesteran dan tahun
      5. Membuat laporan penggunaan anggaran pendidikan setiap 3 bulan sekali
    11. Melaksanakan penyelenggaraan hubungan institusional dengan lingkungan dan alumni untuk pengembangan prodi
    12. Melaksanakan program kerja tahunan dan pengembangan akademik ditingkat prodi sebagai berikut :menyelenggarakan proses pembelajaran meliputi perubahan atau peninjauan kurikulum, metode pembelajaran dan penetapan BKD.
      1. Koordinasi kegiatan akademik mahasiswa, orientasi kegiatan ilmiah dan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru dan sejenisnya
      2. Pelaksanaan pembinaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
      3. Pelaksanaan dan pengembangan sarana penunjang pendidikan
      4. Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan institusi pendidikan
      5. Pengelolaan data akademik sebagai dasar sistem informasi manajemen Prodi.
    13. Menyusun spesifikasi program studi dan standar kompetensi lulusan bersama kaprodi
    14. Mengusulkan status/kondisi mahasiswa tiap semester
    15. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan.
  5. GUGUS KENDALI MUTU (GKM)
  6. Tugas Pokok
    Membantu Sekretaris dalam tugas yang berkaitan dengan penjaminan mutu di ProgramStudi.
    Uraian Tugas
    1. Mengkoordinasikan aktivitas penjaminan mutu akademik di tingkat program studi bersama Kaprodi
    2. Menyusun Spesifikasi Program Studi dan Instruksi Kerja serta dokurnen pendukung bersama Kaprodi
    3. Memonitor penyusunan dokumen Evaluasi Diri bersama Kaprodi
    4. Melakukan persiapan untuk kepentingan akreditasi atau re-akreditasi bersama Kaprodi
    5. Membantu pimpinan program studi dalam aktivitas dan program kerja dalam rangka pencapaian standar mutu
    6. Menyusun laporan kegiatan kepada Kaprodi setiap semester
    7. Membantu bidang lain sesuai dengan keperluan
    8. Membantu kegiatan incidental di tingkat Prodi, Fakultas dan atau Universitas
    9. Membantu tugas-tugas lain yang diberikan Pimpinan
  7. KOORDINATOR BIDANG KEMAHASISWAAN
  8. Tugas Pokok
    Membantu Sekretaris dalam tugas yang berkaitan dengan kemahasiswaan di Program Studi.
    Uraian Tugas
    1. Menyiapkan buku-buku pedoman dan panduan PMB (Buku Panduan Akademik, Buku Saku Mahasiswa dan Buku Monitoring PA)
    2. Mengelola administrasi SIA dan PDPT
    3. Pemetaan dosen PA bagi mahasiswa setiap tahun ajaran
    4. Koordinasi kegiatan akademik mahasiswa, orientasi kegiatan ilmiah dan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru dan sejenisnya.
    5. Membantu Program Studi dalam pengurusan ijin tidak masuk kuliah, ijin cuti mahasiswa, pengunduran diri dan aktif kembali dari cuti.
    6. Pengelolaan surat teguran, SP atau mahasiswa DO
    7. Pendokumentasian kronologis mahasiswa bermasalah
    8. Melaporkan evaluasi kegiatan mahasiswa terkait akademik dan kegiatan eksternal
    9. Melakukan pendampingan dalam keorganisasian mahasiswa (HIMASADA)
    10. Melakukan usaha peningkatan dan pengembangan minat dan bakat mahasiswa di lingkup Program Studi
    11. Melaporkan perkembangan mahasiswa secara akademik dan membina hubungan baik dengan orang tua mahasiswa
    12. Melaksanakan penyelenggaraan hubungan institusional dengan lingkungan dan alumni untuk pengembangan Program Studi.
    13. Membantu pengawasan tentang atribut mahasiswa : baju seragam, pin, name tag, sepatu, KTM, dll.
    14. Pengarsipan data diri mahasiswa (data diri, foto, ijazah dan transkip SMA) serta prestasi mahasiswa
    15. Pelaksanaan tugas lain yang ditetapkan oleh Ketua Program Studi.
  9. KOORDINATOR BIDANG KURIKULUM
  10. Tugas Pokok
    Membantu Sekretaris Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran di Program Studi
    Urain Tugas
    1. Membuat kalender akademik dan jadwal perkuliahan
    2. Melakukan peninjauan kurikulum, baik secara mikro dan makro
    3. Membuat rincian bahan ajar dan pengecekan kesesuaian RPS yang telah dibuat oleh coordinator MK
    4. Melaksanakan administrasi : mengelola RPS, kesanggupan mengajar, kontrak belajar dan yang lainnya untuk persiapan PBM.
    5. Menyiapkan buku-buku pedoman PMB (buku panduan akademik, buku monitoring PA, pedoman praktik laboratorium, dan pedoman tugas akhir/skripsi)
    6. Melaksanakan administrasi pengelolaan monitoring pelaksanaan pembelajaran meliputi :kesesuaian materi yang diberikan dengan RPS, kehadiran dosen dan mahasiswa.
    7. Melakukan pemetaan kisi-kisi ujian, jumlah soal ujian dan jadwal pengawas ujian.
    8. Melakukan koordinasi dengan pihak terkait (BAAK, dan IT) untuk  pelaksanaan UTS, UAS dan Ujian Akhir)
    9. Mengelola administrasi penelitian belajar , KHS, transkip, SKPI
    10. Membantu Ketua Program Studi dalam melaksanakan evaluasi PBM, misalnya jumlah kehadiran dosen, mahasiswa ketercapaian SAP, dll.
    11. Membantu Program Studi dalam persiapan yudisium.
    12. Melakukan rekapitulasi nilai dari coordinator MK
    13. Mengidentifikasi mahasiswa yang mengikuti ujian (UTS, UAS dan remedial)
    14. Membuat laporan LPJ hasil evaluasi untuk kelengkapan laporan pendidikan
    15. Melakukan koordinasi dengan BAAK untuk penyerahan nilai KHS setiap semester dan transkip nilai tiap semester.
    16. Pelaksanaan tugas lain yang ditetapkan oleh Ketua Program Studi.
  11. KOORDINATOR BIDANG EVALUASI
  12. Tugas Pokok
    Membantu Ketua Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan Evaluasi Program Studi
    Urain Tugas
    1. Melakukan rekapitulasi nilai dari koordinator mata kuliah
    2. Mengidentifikasi mahasiswa yang mengikuti ujian (UTS, UAS dan remedial)
    3. Membuat laporan pertanggungjawaban bidang evaluasi untuk kelengkapan laporan pendidikan
    4. Mengkoordinir nilai akhir mata kuliah dari coordinator mata kuliah  untuk di serahkan kebagian administrasi prodi untuk diteruskan ke BAAK yang meliputi nilai KHS dan transkrip nilai di akhir semester 8
    5. Pelaksanaan tugas lain yang akan ditetapkan kemudian oleh Ka. Prodi.
  13. KOORDINATOR BIDANG PRAKTIK
  14. Tugas Pokok
    Membantu Ketua Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan Praktik Klinik KebidananProgram Sarjana
    Uraian Tugas
    1. Melakukan koordinasi dalam penyusunan buku panduan praktik klinik
    2. Menyiapkan perijinan praktik klinik berupa proposal surat penjajakan PKK
    3. Menyiapkan pemetaan lahan praktik klinik, daftar mahasiswa dan daftar pembimbing
    4. Mengusulkan MOU baru dan pengembangan lahan praktik kebagian BAAK
    5. Membuat laporan pertanggungjawaban bidang praktik klinik untuk kelengkapan laporan pendidikan
    6. Koordinasi dengan Prodi terkait jadwal OSCE
    7. Membuat surat permohonan penggunaan laboratorium untuk ujian OSCE
    8. Koordinasi perasat yang diujikan dengan koordinator mata kuliah
    9. Koordinasi terkait penyusunan susunan panitia untuk ujian OSCE
    10. Bertanggung jawab penyusunan laporan pertanggungjawaban untuk ujian OSCE
    11. Bertanggungjawab dalam penyusunan laporan setiap Praktik Klinik Administrasi Rumah Sakit.
    12. Pelaksanaan tugas lain yang akan ditetapkan kemudian oleh Ka. Prodi.
  15. KOORDINATOR PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
  16. Tugas Pokok
    Membantu Ketua Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat KebidananProgram Sarjana
    Uraian Tugas
    1. Melakukan koordinasi dan mendokumentasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkup Prodi KebidananProgram Sarjana
    2. Melakukan pembagian mapping Ketua dan Anggota penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Prodi Kebidanan Program Sarjana
    3. Membantu melakukan data mahiswa yang terlibat dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
    4. Membantu memfasilitasi dosen ke LPPM terkait dengan administrasi sumber daya yang diperlukan
    5. Meenyusun laporan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat  setiap tahun kepada kaprodi
    6. Membantu bidang lain sesuai dengan keperluan
    7. Membantu kegiatan incidental ditingkat Prodi, Fakultas dana tau Universitas
    8. Membantu tugas-tugas lain yang diberikan Pimpinan
  17. PELAKSANA ADMINISTRASI PROGRAM STUDI
  18. Tugas Pokok
    Membantu Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi dalam melaksanakan administrasi akademik
    Uraian Tugas
    1. Mendistribusikan SK mengajar setiap dosen
    2. Melaksanakan tugas dalam pembuatan dan penerbitan
    3. Mendistribusikan surat tugas kepada dosen
    4. Mendistribusikan surat keluar kepada unit yang dituju
    5. Menerima dan memeriksa buku ekspedisi yang telah ditandatangani oleh penerima surat
    6. Melayani mahasiswa dalam pengumpulan foto ijazah, transkip, nilai dan biodata mahasiswa

Dosen Prodi Kebidanan Program Profesi

  1. Siti Nurjanah, SST.,M.Keb
  2. Erinda Nur P, SST., M.Kes., M.Keb
  3. Deny Eka Widyastuti, SST.,M.Keb
  4. Megayana Yessy Maretta, SST.,M.Keb
  5. Wijayanti, SST.,M.Kes.,M.Keb
  6. Aris Prastyoningsih, SST.,M.Keb
  7. Ajeng Maharani P, SST., M.Keb
  8. Tresia Umarianti, SST.,Bdn.,M.Kes

PROSES PENDIDIKAN

Program studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi terdiri dari tahap profesi bidan dengan beban studi sebesar 40 SKS ditempuh selama 3 semester. Selama proses pendidikan mahasiswa dalam proses belajar mengajar meliputi praktik klinik baik di Rumah Sakit, Puskesmas, Praktik Mandiri Bidan, Home Care, Klinik Pratama.

TAHAP PENDIDIKAN PROFESI

No

Kode Mata Kuliah

Stase Profesi

SKS

1

PB001

Keterampilan Dasar Praktik Kebidanan/ Pra Profesi

3

2

PB002

Asuhan Kebidanan pada Pranikah dan Prakonsepsi

2

3

PB003

Asuhan Kebidanan pada Kehamilan

5

4

PB004

Asuhan Kebidanan pada Persalinan

6

5

PB005

Asuhan Kebidanan Bayi Baru Lahir

2

6

PB006

Asuhan Kebidanan pada Ibu Nifas

5

7

PB007

Asuhan pada Bayi, Balita dan Anak Prasekolah

2

8

PB008

KB dan Pelayanan Kontrasepsi

2

9

PB009

Asuhan pada Remaja dan Perimenopause

2

10

PB010

Kebidanan Komunitas

4

11

PB011

Manajemen Pelayanan Kebidanan

5

12

PB012

Continuity of Care

2

Total

40

Kegiatan akademik

a. e-Learning dapat diakses di laman website http://ukh.ac.id
b. e-Journal dapat diakses di laman website http://ukh.ac.id
c. e-book dapat diakses di laman website http://ukh.ac.id
d. Digital Library dapat diakses di laman website http://digilib.ukh.ac.id
e. Artikel
f. Kegiatan PKKMB

Fasilitas

  1. Ruang Kelas Yang Nyaman
  2. Laboratorium Bahasa
  3. Laboratorium Komputer (Ruang CBT)
  4. Perpustakaan
  5. Ruang Konseling
  6. WIFI
  7. Ruang Tutorial
  8. Aula
  9. Klinik Terpadu
  10. Lapangan Olahraga
  11. Ruang Laboratorium Terpadu, meliputi :
    • Laboratorium Mikrobiologi, Parasitologi, dan Biokimia
    • Laboratorium Anatomi Fisiologi
    • Lab Gizi
    • Lab Bayi Balita dan Anak Pra sekolah
    • Lab KDPK
    • Lab Antenatal Care
    • Lab Intranatal Care
    • Lab Postnatal Care
    • Lab Bayi Baru Lahir
    • Lab KB dan Pelayanan Alat Kontrasepsi
    • Lab Komunitas
    • Lab Gadar Maternal Neonatal
    • Lab Kesehatan Reproduksi
    • Lab Manajemen Kepimpinan dan Pelayanan Kebidanan
    • Laboratorium Continuity of Care
    • Laboratorium Pra Nikah dan Pra Konsepsi
    • Laboratorium Remaja dan Perimenopause
    • Laboratorium Yoga
    • Laboratorium Pengembangan Praktik Mandiri Bidan Postnatal Care

ini struktur profesi bidan