Program Studi Promosi Kesehatan Program Sarjana
Trapan merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Kusuma Husada Surakarta. Program Studi Promosi Kesehatan Program
Sarjana Terapan berdiri pada tahun 2018 yang telah memperoleh ijin operasional
dari Kemnterian, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan SK Nomor
363/KPT/I/2018.
Pendidikan Sarjana Terapan Promosi Kesehatan
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta menghasilkan
lulusan seorang promotor kesehatan yang terampil, memiliki sikap dan kemampuan
dalam bidang promosi kesehaatan yang diperoleh melalui penerapan kurikulum
pendidikan dengan berbagai bentuk pengalaman belajar, meliputi pengalaman
belajar di kelas, laboratorium, dan lapangan, dilengkapi dengan fasilitas
belajar yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran
VISI
Menjadi Program Studi Promosi Kesehatan Program
Sarjana Terapan yang memiliki jiwa entrepreneurship, unggul di tingkat
nasional dan ternama tingkat global dalam pemberdayaan masyarakat
khususnya pada remaja berbasis media digital pada 2045
MISI
- Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pendidikan vokasi promosi
kesehatan yang mampu menghasilkan Promotor Kesehatan berkualitas,
unggul, inovatif yang mampu berdaya saing secara nasional dan global
serta memiliki jiwa entrepreneurship berdasarkan nilai, agama, moral,
dan kebangsaan.
- Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian terapan di bidang
promosi kesehatan khususnya pada pemberdayaan kesehatan pada remaja
dengan memanfaatkan media digital.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan
teknologi digital dan hasil riset terkini dalam upaya meningkatkan
pengetahuan dan perilaku masyarakat khususnya pada remaja.
- Mengembangkan jejaring kerjasama dengan institusi kesehatan dan
institusi pendidikan lain dalam mendukung peningkatan mutu kegiatan
tridarma perguruan tinggi.
- Mengembangkan profesionalisme bagi civitas akademika program studi menuju ke arah nasional dan global.
- Menghasilkan promotor kesehatan yang berintelektualitas, inovatif,
kompeten, memiliki moral dan agama yang baik serta memiliki jiwa
wirausaha.
- Menghasilkan penelitian yang mendorong pengembangan kelimuan dan
teknologi di bidang promosi kesehatan khususnya pada pemberdayaan
kesehatan pada remaja
- Menghasilkan kegiatan pengabdian masyarakat yang mampu mendukung
pembangunan kesehatan yang didasarkan atas hasil riset terkini dan
tanggung jawab sosial.
- Mengembangkan profesionalisme SDM program studi (mahasiswa, tenaga pendidik dan kependidikan).
- Menghasilkan kerjasama dan kemitraan dengan instansi dan lembaga terkait dalam dan luar negeri.
- Implementator Promosi Kesehatan (Health Promotion Implementator)
Lulusan Sarjana Terapan Promosi Kesehatan mampu menjadi pelaksana dan
pengelola program promosi kesehatan sesuai dengan kondisi sosial budaya
untuk mewujudkan perilaku hidup sehat.
- Pendidik Kesehatan (Health Educator)
Sarjana Terapan Promosi Kesehatan yang mampu merencanakan, melaksanakan,
dan mengevaluasi kegiatan pendidikan kesehatan kepada individu,
kelompok, maupun masyarakat khususnya pada remaja dengan menggunakan
metode, strategi, dan media yang tepat dalam upaya mewujudkan perilaku
sehat.
- Pemberdaya Masyarakat (Community Developer)
Lulusan Sarjana Terapan Promosi Kesehatan yang dapat berperan sebagai
pendorong perubahan perilaku hidup sehat masyarakat khususnya pada
remaja dengan menggunakan strategi pemberdayaan masyarakat
- Advokator Kesehatan (Health Advocator)
Lulusan Sarjana Terapan Promosi Kesehatan yang dapat berperan sebagai
seseorang yang melakukan upaya advokasi yang strategis dan terencana
kepada pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan dalam upaya
menghasilkan kebijakan yang berwawasan kesehatan.
- Fasilitator Kesehatan (Health Facilitator)
Lulusan Sarjana Terapan Promosi Kesehatan menjadi pendamping dan
pembangun kemitraan antara masyarakat dengan lintas sektor maupun pihak
swasta dalam meningkatkan derajad kesehatan masyarakat.
- Konten Kreator Kesehatan (Konten Kreator Kesehatan)
Lulusan Sarjana Terapan Promosi kesehatan mampu untuk membuat konten
baik berupa tulisanm gambar, suara, video maupun gabungan dari dua
materi atau lebih yang bertemakan kesehatan yang dapat di muat di
berbagai platform digital.
Program Studi Promosi Kesehatan Program Sarjana
Trapan merupakan salah satu program studi yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Kusuma Husada Surakarta. Program Studi Promosi Kesehatan Program
Sarjana Terapan berdiri pada tahun 2018 yang telah memperoleh ijin operasional
dari Kemnterian, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan SK Nomor
363/KPT/I/2018.
Pendidikan Sarjana Terapan Promosi Kesehatan
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta menghasilkan
lulusan seorang promotor kesehatan yang terampil, memiliki sikap dan kemampuan
dalam bidang promosi kesehaatan yang diperoleh melalui penerapan kurikulum
pendidikan dengan berbagai bentuk pengalaman belajar, meliputi pengalaman
belajar di kelas, laboratorium, dan lapangan, dilengkapi dengan fasilitas
belajar yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran
Sasaran Mutu
Tujuan 1 : Menghasilkan lulusan yang berkualitas, inovatif, berintelektualitas tinggi, memiliki moral agama dan kompeten dan berjiwa entrepreneur
Sasaran 1 : Meningkatnya kualitas pendidikan yang inovatif
Tujuan 2 : Menghasilkan penelitian berkualitas dan inovatif yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada skala nasional dan internasional
Tujuan 3 : Menghasilkan pengabdian masyarakat berbasis riset
Sasaran 2 : Meningkatnya relevansi, produktivitas dan daya saing hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat
Tujuan 4 : Meningkatnya profesionalisme bagi semua sivitas akademika Fakultas Ilmu Kesehatan
Sasaran 3 : Meningkatnya kualitas tata kelola institusi dan profesionalisme sivitas akademika, alumni berdaya saing yang berjiwa entrepreneur
Tujuan 5 : Terjalinnya kerjasama dalam skala Nasional dan Internasional
Sasaran4 : Revitalisasi PendukungTridharma Perguruan Tinggi
TUGAS DAN WEWENANG
1.KETUA PROGRAM STUDI
a. Tugas Pokok
1) Menyusun Rencana Strategis (Renstra) dan rencana Operasional (Renop)
2)Melaksanakan Rencana Operasional
3)Mengelola perencanaan pengajaran
4)Mengelola pelaksanaan kurikulum dan implementasinya
5)Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai standar mutu
6)Melaksanakan pembinaan, koordinasi terkait dengan proses belajar mengajar
7)Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat prodi
8)Mengambil Langkah-langkah penyelesaian permasalahan di pembelajaran
9)Melaporkan semua kegiatan pembelajaran baik input, proses, output pembelajaran dalam bentuk laporan pendidikan
10)Mengevaluasi ketercapaian Rencana Operasional
11)Merencanakan, mengevaluasi, mengembangkan kurikulum (struktur matakuliah, jejaring matakuliah, RPS, bahan ajar dan RPP
12)Menetapkan spesifikasi/kompetensi program studi
13)Menetapkan status/kondisi mahasiswa setiap semester
14)Menetapkan distribusi dosen pengampu matakuliah (termasuk praktikum)
15)Mengevaluasi terhadap proses KRS dan KHS mahasiswa setiap semester
16)Membantu dan mengendalikan prses belajar mengajar di Program Studi
17)Melakukan penilaian kinerja dosen prodi dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi
18)Menetapkan distribusi dosen wali dan monitoring
19)Menyelenggarakan rapat yudisium
20)Melakukan koordinasi berbagai kebijakan akademik dengan level sejenjang
21)Membina kualitas kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa
22)Menginformasikan kebutuhan kerjasama sesuai kompetensi Prodi
23)Melaksanakan kegiatan hasil kesepakatan Bersama
24)Mengembangkan materi perkuliahan (termasuk praktikum)
25)Koordinasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan LPPM, LPM, Laboratorium dan Perpustakaan
26)Melakukan verifikasi penerbitan ijazah dan transkip nilai
27)Membuat pelaporan tiap semester baik untuk keperluan manajemen, LPM maupun pihak lain (Kopertis, Dikti, dll)
28)Melaksanakan proses ijin penyelenggaraan dan proses akreditasi atau reakreditasi Prodi
29)Melakukan penyetaraan nilai
30)Mengelola, memonitor h dan mengevaluasi kinerja bawahan
31)Bertanggungjawab dan menyusun organizing di dalam manajemen Prodi
32)Menetapkan deskripsi tugas masing-masing bagian dalam organizing Prodi
33)Bertanggungjawab atas terjalinnya hubungan kerjasama
34)Mengembangkan dosendosen melalui Tri Dharma Perguran Tinggi sesuai bidangnya
35)Memotivasi dan mengembangkan kegiatan kemahasiswaan
36)Menetapkan hasil penilaian matakuliah yang disusun
37)Memonitor, mengevaluasi, memotivasi, menggerakan tersusunnya nilai per atakuliah dari masing-masing coordinator matakuliah ke bagian evaluasi dan sekretaris prodi.
38)Menetapkan perencanaan anggaran prodi selama 1 tahun
39)Menetapkan dan memverifikasi laporan keuangan kegiatan Prodi melalui Sekprodi
40)Memonitor pemasukan dan pengeluaran anggaran setiap 3 bulan sekali melalui sekprodi
41)Memonitor kelengkapan sarana dan prasarana Prodi melalui Sekprodi
42)Melakukan kontroling keuangan, sistem PBM Bersama Sekprodi dan bagian terkait
43)Melaksanakan tugas-tugas lain untuk pekerjaan yang diperintahkan atasan yang mendukung tujuan jabatan.
b.Wewenang Â
1)Menyusun dan mengesahkan Renstra dan Renop Program Studi
2)Menetapkan perencanaan kegiatan pembelajaran Program Studi
3)Mengesahkan organizing internal Prodi
4)Mengarahkan dan menggerakkan sistem manajemen di lingkungan Program Studi
5)Memberikan keputusan akhir dalam setiap proses musyawarah kegiatan tingkat Program Studi.
6)Menegur dan membina bawahan di Program Studi
7)Menilai bawahan di Program Studi
8)Mengusulkan kebutuhan SDM di Program Studi
c.Tanggung jawab
1)Kebenaran dan ketepatan rencana program
2)Keserasian dan keterpaduan hubungan kerja
3)Kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas
4)Â Â Â Kebenaran dan kelengkapan bahan kerja
5)Â Â Â Kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi
6)Â Â Â Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas
7)Â Â Â Kedisiplinan bawahan sesuai kewenangannya
d.   Hubungan Kerja
1)Â Â Â Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan
2)Â Â Â Sekretaris Program Studi
2.   SEKRETARIS PROGRAM STUDI
a.   Tugas Pokok
1)Â Â Â Melaksanakan kurikulum dan implementasi
2)Â Â Â Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai standar mutu
3)Â Â Â Melakukan pembinaan, kooordinasi terkait dengan PBM
4)Â Â Â Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat program studi
5)Â Â Â Mengammbil langkah-langkah penyelesaian permasalahan di pembelajaran
6)Â Â Â Melaporkan semua nkegiatan pembelajaran baik input, proses, output pembelajaran
7)Â Â Â Membantu kaprodi dalam menyusun perencanaan pengajaran, yaitu :
a)Â Â Â Membuat kalender akademik
b)Â Â Â membuat jadwal perkuliahan
c)Â Â Â Membat team teaching beserta coordinator matkuliah
d)Â Â Â Menentukan dosen pengajar
e)Â Â Â Menentukan dosen wali dan pembimbing akademik
f)Â Â Â Membuat usulan anggaran belanja prodi (RAB)
g)Â Â Â Membuat surat menyurat berkaitan dengan Dikjar (Permohonan mengajar, menguji, membimbing dll)
h)Â Â Â Mengecek administrasi pembelajaran (jurnal perkuliahan, absensi mahasiswa, absensi dosen dll)
i)Â Â Â Mengecek kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran, meliputi ruang dan kelengkapannya
j)Â Â Â Mengelola administrasi KRS dan KHS mahasiswa setiap semester
k)Â Â Â Menyiapkan buku-buku pedoman penerimaan mahasiswa baru (Buku Panduan Akademik), Buku Monitoring PA, Praktik Laboratorium, Pedoman Praktik Klinik, Pedoman Tugas Akhir dll
8)Â Â Â Membantu Kaprodi dalam pelaksanaan pengajaran, meliputi :
a)   Melaksanakan administrasi mengelola RPS, RPP, Kesanggupan mengajar, kontrak belajar dan yang lainnya untuk persiapan pembelajaran
b)Â Â Â Melaksanakan administrasipengelolaan monitoring pelaksanaan pembelajaran meliputi : kesesuaian materi yang diberikan dengan RPS, kehadiran dosen dan mahasiswa
c)Â Â Â Menghimpun hasil verifikasi akhir matakuliah oleh dosen wali untuk yudisium
d)Â Â Â Koordinasi pelaksanaan ujian akhir program
e)Â Â Â Melaksanakan administrasi pelaksanaan UTS, UAS (termasuk menyusun jadwal ujian dan pengawas ujian), ujian akhir dan UKOM
f)Â Â Â Mengelola administrasi karya tulis ilmiah/skripsi
g)Â Â Â Mengelola administrasi penelitian belajar/KHS, transkip, sertifikat kompetensi dan SKPI
h)Â Â Â Mengelola administrasi SIA dan PDPT
9)Â Â Â Membantu Kaprodi dalam melaksanakan evaluasi PBM, misalnya (jumlah kehadiran dosen dan mahasiswa, ketercapaian RPS dll)
10)   Membantu Kaprodi dalam dokumentasi dan pelaporan evaluasi, meliputi :
a)Â Â Â Dokumentasi surat masuk dan keluar
b)Â Â Â Mengusulkan MoU tempat Praktik
c)Â Â Â Mengumppulkan nilai dari coordinator evaluasi
d)Â Â Â Membuat laporan pendidikan semesteran dan tahun
e)Â Â Â Membuat laporan penggunaan anggaran pendidikan setiap 3 bulan sekali
11)Â Â Â Melaksanakan penyelenggaraanhubungan institusional dengan lingkungan dan alumni untuk pengembangan prodi.
12)Â Â Â Melaksanakan program kerja tahunan dan pengembangan akademik ditingkat prodi sebagai berikut : menyelenggarakan proses pembelajaran meliputi perubahan atau peninjauan kurikulum, metode pembelajaran dan penetapan BKD.
a)Â Â Â Koordinasi kegiatan akademik mahasiswa, orientasi kegiatan ilmiah dan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru dan sejenisnya
b)Â Â Â Pelaksanaan pembinaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
c)Â Â Â Pelaksanaan dan pengembangan sarana penunjang pendidikan
d)Â Â Â Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan institusi pendidika
e)Â Â Â Pengelolaan data akademik sebagai dasar sistem informasi manajemen Prodi.
13)Â Â Â Menyusun spesifikasi program studi dan standar kompetensi lulusan bersama kaprodi
14)Â Â Â Mengusulkan status/kondisi mahasiswa tiap semester
15)Â Â Â Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan
b.   Wewenang
1)Â Â Â Menegur staff atau pengajar dan pegawai administrasi yang lalai dala melaksanakan tugasnya
2)Â Â Â Menentuan prioritas pekerjaan
3)Â Â Â Memberikan paraf surat-surat dinas sesuai ketentuan
4)Â Â Â Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas
5)Â Â Â Kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi
6)Â Â Â Melaksanakan tugas dan wewenang ketua program studi atas perintah ketua bila ketua berhalangan
c.   Tanggung jawab
1)Â Â Â Kebenaran dan ketepatan rencana program kerja
2)Â Â Â Keserasian dan keterpaduan hubungan kerja
3)Â Â Â Kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas
4)Â Â Â Kebenaran dan kelengkapan bahan kerja
5)Â Â Â Kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi
6)Â Â Â Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas
7)Â Â Â Kedisiplinan staff sesuai kewenangannya
d.   Hubungan Kerja
1)Â Â Â Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan
2)Â Â Â Ketua Program Studi
6.   Gugus Kendali Mutu (GKM)
Uraian Tugas:
a.   Membuat rencana gugus kendali mutu program studi
b.   Membuat laporan berkala pencapaian sasaran mutu program studi
c.   Melakukan koordinasi dengan ketua program studi dalam pelaksanaan sistem penjaminan mutu
d.   Melaksanakan sistem manajemen mutu dalam progrm studi secara efektif dan memenuhu persyaratan standar ISO 9001:2015
e.   Memelihara pedoman mutu
f.   Memelihara sistem dokumentasi dan rekaman mutu di program studi dan mengoordinasikan dengan LPM
g.   Memantau pencapaian sasaran mutu di program studi dan semulurh unit kerja program studi serta menginformasikan secara tertulis kepada LPM
h.   Melaksanaan sistem penjaminan mutu akademik secara keseluruhan di program studi
i.   Memonitoring sistem penjaminan mutu akademik di program studi
j.   Menghimpun laporan keluhan pelanggan dari unit kerja program studi dan memantau tindak lanjutnya serta menginformasikan secara tertulis kepada LPM
k.   Menghimpun hasil pengukuran kepuasan pelanggan di program studi dan memantau tindak lanjutnya serta menginformasikan secara tertulis kepada LPM.
DAFTAR DOSEN
Nama Dosen Prodi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan :
1. |
Budi Prasteyo, S.KM., M.Kes. |
201886173 |
2. |
Budi Kristanto, S.KM., M.Kes. |
202077255 |
3. |
Kinanti Estu Linadi S.KM., M.Kes |
202189266 |
4. |
Dzul Fahmi Afriyanto, S.KM., M.K.M |
202397296 |
5. |
Ika Sugiarti, S.Ag., M.Kes. |
202077250 |
6. |
Shofia Aji Hidayatillah, S.KM., MKM. |
202193257 |
7. |
Nadya Puspita Adriana, S.Psi., M.Psi. |
202091246 |
8. |
Dipo Wicaksono, S.KM., MKM. |
202185271 |
PROSES PENDIDIKAN
Pencapaian visi dan misi Program Studi Promosi Kesehatan Program Sarjana Terapan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta dalam menyelenggaran pendidikan yang bermutu, professional, dan kompetitif diperlukan standar pelaporan kinerja penyelenggaraan pembelajaran yang dapat digunakan sebagai acuan dalam perencanaan, penyelenggaraan, pengendalian, monitoring, dan evaluasi. Pelaksanaan penjaminan mutu di program studi secara internal dilakukan melalui GKM Program Studi (Gugus Kendali Mutu) Program Studi yang berkoordinasi dengan LPM Universitas Kusuma Husada Surakarta (Lembaga Penjamin Mutu Universitas Kusuma Husada Surakarta) yang membuat dan menyiapkan instrumennya. Sedangkan penjaminan mutu eksternal dilakukan melalui audit eksternal ISO 9001:2015 Thuv Rheindlan.
KEGIATAN AKADEMIK
Kegiatan akademik yang dilaksanakan di Program Studi Promosi Kesehatan Program Sarjana untuk menghasilkan lulusan sarjana terapan promosi kesehatan atau promotor kesehatan dilakukan selama 8 semester atau 4 tahun ajaran. Dalam menghasilkan lulusan sarjana terapan atau promotor kesehatan  Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pendidikan vokasi promosi kesehatan yang mampu menghasilkan Promotor Kesehatan berkualitas, unggul, inovatif yang mampu berdaya saing secara nasional dan global serta memiliki jiwa entrepreneurship berdasarkan nilai, agama, moral, dan kebangsaan.Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian terapan di bidang promosi kesehatan khususnya pada pemberdayaan kesehatan pada remaja dengan memanfaatkan media digital.
Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital dan hasil riset terkini dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan perilaku masyarakat khususnya pada remaja.
Mengembangkan jejaring kerjasama dengan institusi kesehatan dan institusi pendidikan lain dalam mendukung peningkatan mutu kegiatan tridarma perguruan tinggi, sesuai dengan kurikulum promosi kesehatan
Mengembangkan profesionalisme bagi civitas akademika program studi menuju ke arah nasional dan global. Kurikulum Program Studi Promosi Kesehatan program sarjana terapan terdiri dari 148 sks yang akan ditempuh selama 8 semester atau 4 tahun ajaran. Kurikulum yang digunakan acuan kurikulum dari Perkumpulan Institusi Promotor Kesehatan Nusantara atau PIPKN sebagai kurikulum inti dan visi dan misi sebagai kurikulum institusi program studi. Kurikulum yang digunakan bertujuan dalam menghasilkan lulusan mahasiswa yang mampu dan unggul dibanding dengan institusi lain.
FASILITAS
Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan memiliki :
1.Ruangan kuliah, perpustakaan, dan laboratorium. Ruang kuliah
dilengkapi dengan komputer, AC, papan tulis, layar proyektor. Untuk
menjaga kenyamanan belajar, ruangan baca dan ruangan kuliah dilengngkapi
dengan infocus
2.Perpustakaan dilengkapi dengan ruang baca dan referensi yang relevan dengan bidang studi.
3.Laboratorium terdiri dari :
a.laboratorium komputer
b.laboratorium lapangan untuk praktek PBL (Laboratorium Penelitian)
c.Laboratorium Epidemiologi
d.Laboratoium Kesehatan Lingkungan
e.Laboratorium Kesehatan dan Keselamatan Kerja
f.Laboratorium Audio-Visual
4.Program studi juga memiliki fasilitas internet yang selalu â€connecting†secara â€online†menggunakan speadyâ€.
5.Dana penunjang pelaksanaan proses pembelajaran disediakan oleh Stikes Kusuma Husada Surakarta.
6.Ruang dosen
7.Ruang administrasi dan keuangan
8.Toilet bagi pimpinan, dosen/karyawan, dan mahasiswa
9.Area parkir yang luas dan aman
10.Ruang sekretariat BEM dan UKM
11.Ruang Aula
12.Klinik Kusuma Husada
13.Masjid dan musholah
14.Bus Kampus dan mobil kampus
15.Unit Bisnis Center (Koperasi)
PELAKSANAAN PENELITIAN DOSEN PRODI PROMOSI KESEHATAN SARJANA TERAPAN TAHUN AKADEMIK 2020/ 2021
TABEL DATA PENELITIAN DOSEN 2020/2021
No
|
Judul Penelitian
|
Nama Dosen
|
Nama Mahasiswa
|
1.
|
Hubungan Adverse Childhood Experience dengan Depresi Pada Remaja di SMA Batik 1 Surakarta
|
Nadya Puspita Andriana S.Psi.,M.Psi
|
Risnanditiar
Putri Zakia
Feliksita Karolina
Diva Putri
Difa Annisa
|
2.
|
Efektivitas Penyampaian Pesan Kesehatan Prioritas Melalui Media Spot Radio di Era Pandemi Covid19 Tahun 2021 (Studi Pada 4 Stasiun Radio Di Kota Semarang)
|
Budi Kristianto, SKM, M.Kes
|
Terry Nur Indahsari
Muhammad Hasan
Khoirul
Risnanditiar
Muhammad A Fahre
Wahyu Agung Wicaksono
|
3.
|
Pengembangan Media Podcast Dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Bagi Siswa SMA Negeri 1 Simo
|
Budi Prasetyo, SKM, M.Kes
|
Risnanditiar
Putri Zakia Ulfa
Maria Melsiana Rhebi
Lidya Putri
|
4.
|
Pengaruh Media Motion Graphic Tentang Personal
Hygiene Menstruasi Terhadap Pengetahuan Dan
Praktek Saat Menstruasi Pada Mahasiswi
Kebidanan Semester 1 Di Universitas
Kusuma Husada Surakarta
|
Ika Sugiarti, S.Ag.,M.Kes
|
Khoirul
Feliksita Karolina
Kristina Eufrasia
Risnanditiar
Putri Zakia
|
PELAKSANAAN PENELITIAN DOSEN PRODI PROMOSI KESEHATAN SARJANA TERAPAN TAHUN AKADEMIK 2021/ 2022
TABEL DATA PENELITIAN DOSEN 2021/2022
No
|
Judul Penelitian
|
Nama Dosen
|
Nama Mahasiswa
|
1.
|
Pengaruh Video Edukasi terhadap Literasi
tentang Gangguan Mental Emosional pada Remaja
|
Nadya Puspita Andriana S.Psi.,M.Psi
|
Diva Putri
Difa Annisa
Rinni Fitrian
Bryna Nanine
|
2.
|
Pengaruh Video Tiktok (Menstruasi) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri di SMK Batik 2
|
Dipo Wicaksono, SKM,. M.KM
|
Terry Nur Indahsari
Muhammad Hasan
Khoirul
Almadania
|
3.
|
Hubungan Antara Penilaian Visual Baliho Dengan Keyakinan Melakukan Protokol Kesehatan Tahun 2022
|
Budi Kristianto, SKM, M.Kes
|
Risnanditiar
Putri Zakia Ulfa
Maria Melsiana Rhebi
Lidya Putri
|
4.
|
Pengembangan Media Kartu Permainan Untuk Pendidikan Kesehatan di Kelas Persiapan Pernikahan di Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun 2022
|
Kinanthi Estu Linadi, S.KM., M.Kes
|
Khoirul
Feliksita Karolina
Kristina Eufrasia
Risnanditiar
|
5.
|
Pengaruh Video Tiktok (Menstruasi) Terhadap Peningkatan Sikap Remaja Putri di SMK Batik 2
|
Shofia Aji Hidayatillah SKM., M.KM
|
Terry Nur Indahsari
Muhammad Hasan
Khoirul
Almadania
|
6.
|
Efektivitas Pengembangan Media Audio Visual Motion Graphic Tentang Stunting Terhadap Pengetahuan dan Prakte pada Ibu dan Calon Ibu di Kecamatan Jebres Surakarta
|
Ika Sugiarti, S.Ag.,M.Kes
|
Almadania Herawati
Diva Putri Annisa
Diva Putri Adilla
|
PELAKSANAAN PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN PRODI PROMOSI KESEHATAN SARJANA TERAPAN TAHUN AKADEMIK 2021/ 2022
DATA PKM 2021/2022
No
|
Judul Pengabmas
|
Nama Dosen
|
Nama Mahawsiswa
|
1.
|
Metode Self Healing untuk Meminimalisir Gangguan Mental Emosional pada Remaja
|
Nadya Puspita Andriana S.Psi.,M.Psi
|
Lidya Putri Handayani
Putri Zakia Ulfa
Maria Melsiana Rhebi
Diva Annida
Rinni Fitrian
|
2.
|
Meningkatkan Kemampuan Siswa SMP N 18 Surakarta Dalam Mengembangkan Media Poster Melalui Platform Canva
|
Dipo Wicaksono, SKM,. M.KM
|
Diva Putri Adilla
Maulida Nur Arifiani
Rini Fitrian Ningsih
Muhammad Hasan
Lidya Putri Handayani
|
3.
|
Pemberdayaan Masyarakat Terkait Perilaku Pencegahan Covid19 Melalui Media Spot Radio
|
Budi Kristianto, SKM, M.Kes
|
Agus Irmanto
Lidya Putri Handayani
Risnanditiar Hirsya
|
4.
|
Pelatihan Fasilitasi Metode PermainanEdukatif dengan Kartu Permainan untukFasilitator Kelas Persiapan Pernikahan di Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun 2022
|
Kinanthi Estu Linadi, S.KM., M.Kes
|
Khoirul
Intan Nurlaili
Khana Jelita
Risnanditiar Hirsya
|
5.
|
Penyuluhan Perubahan Penerapan Perilaku Bullying di SMA Negeri 1Nogosari
|
Shofia Aji Hidayatillah SKM., M.KM
|
Mauriza Urzaziz Ahgni
Feliksita K Karhe
Putri Zakia Ulfa
Risnanditiar Hirsya
|
6.
|
Upaya Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Tentang Pencegahan Stunting Dengan Media Motion Graphic Pada Ibu-Ibu dan Calon Ibu Di Kelurahan Gandekan Kecamatan Jebres Surakarta
|
Ika Sugiarti, S.Ag.,M.Kes
|
Anggi Ria Davina Putri
Apolonia Delviana Sisi
Maria Laurensia Ita
Lidya Putri Handayani
|
PELAKSANAAN PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN PRODI PROMOSI KESEHATAN SARJANA TERAPAN TAHUN AKADEMIK 2021/ 2022
DATA PKM 2020/2021
No
|
Judul Pengabmas
|
Nama Dosen
|
Nama Mahasiswa
|
1.
|
Psikoedukasi: Meningkatkan Konsep Diri Dalam Membangun Personal Branding
|
Nadya Puspita Andriana S.Psi.,M.Psi
|
Putri Zakia Ulfa
Maria Melsiana Rhebi
Risnanditiar
Feliksita Karolina
Kristina Eufrasia
|
2.
|
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Orientasi Komunikasi Perubahan Perilaku Pencegahan Stunting Bagi Tenaga Kesehatan Puskesmas Di Kabupaten Semarang Tahun 2021
|
Budi Kristianto, SKM, M.Kes
|
Khoirul
Risnanditiar
Muhammad A Fahre
Wahyu Agung Wicaksono
Muhammad Hasan
|
3.
|
Pemanfaatan Media Podcast Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pada Siswa Mengenai Kesehatan Reproduksi di Sma Negeri 1 Simo
|
Budi Prasetyo, SKM, M.Kes
|
Khoirul
Putri Zakia
Muhammad Hasan
Â
|
4.
|
Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Praktek Personal Hygiene Saat Menstruasi Dengan Media Motion Graphic Pada Siswi SMK Batik I Surakarta
|
Ika Sugiarti, S.Ag.,M.Kes
|
Terry Nur Indahsari
Khoirul
Ilham Gian
|