PROFIL PRODI FARMASI PROGRAM SARJANA

Program studi Sarjana Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta berdiri pada tahun 2018 dengan SK Ristekdikti nomor 1184/KPT/ I/ 2018 pada tanggal 27 Desember 2018. Program stusi Sarjana Farmasi memiliki keunggulan program studi di bidang farmasi klinis-komunitas dan pengembangan produk herbal

VISI

Menjadi Program Studi Farmasi Program Sarjana yang Unggul dan Berkompeten di Bidang Farmasi Klinik Komunitas dan Pengembangan Produk Herbal Tahun 2045.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas yang berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter, berdaya saing tinggi dan berjiwa entrepreneur di bidang kefarmasian.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian berkualitas dan inovatif dibidang Farmasi Klinik komunitas dan pengembangan Produk herbal yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang kefarmasian.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dibidang kesehatan dalam rangka aplikasi riset.
  4. Mengembangkan profesionalisme, inovatif dan berjiwa entrepreneur bagi sivitas akademika program studi farmasi program sarjana menuju arah Nasional dan Global tingkat ASEAN 2045.
  5. Mengembangkan Jejaring kerjasama di tingkat Nasional maupun global yang mendukung pengembangan mutu Tri dharma PerguruanTinggi

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan sarjana farmasi yang berkualitas, berintelektualitas tinggi, memiliki moral agama, kompeten dan berjiwa entrepreneur.
  2. Menghasilkan penelitian berkualitas dan inovatif dibidang farmasi klinik komunitas dan pengembangan produk herbal yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada skala Nasional dan Internasional.
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat dibidang kesehatan berbasis riset.
  4. Meningkatnya Profesionalisme bagi semua sivitas akademika di program studi farmasi program sarjana Universitas Kusuma Husada.
  5. Terjalinnya kerjasama dalam skala Nasional dan Internasional.

Profil Lulusan

SASARAN

  1. Meningkatnya kualitas pendidikan yang inovatif.
  2. Meningkatnya relevansi, produktivitas dan daya saing hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  3. Meningkatnya kualitas tata kelola institusi dan profesionalisme sivitas akademika, alumni berdaya saing yang berjiwa entrepreneur.
  4. Revitalisasi pendukung Tridharma Perguruan Tinggi.

TUGAS DAN WEWENANG
Ketua Program Studi


TUGAS POKOK

Terselenggaranya proses belajar mengajar di program studi yang bermutu sesuai dengan standar SN DIKTI dan standar perguruan tinggi Universitas Kusuma Husada Surakarta.

WEWENANG
1.    Mengesahkan renstra dan renop prodi
2.    Menetapkan perencanaan kegiatan pembelajaran program studi
3.    Mengesahkan organisasi internal program studi
4.    Mengarahakan sdan menggerakkan system manajemen dilingkungan program studi
5.    Memberikan keputusan akhir dalam setiap proses musyawarah kegiatan tingkat program studi
6.    Menegur dan membina bawahan
7.    Menilai bawahan
8.    Mengusulkan kebutuhan SDM

TANGGUNG JAWAB
1.    kebenaran dan ketetapan rencana program kerja
2.    keserasian dan keterpaduan hubungan kerja
3.    kelancaran dan ketetapan pelaksanaan tugas
4.    kebenaran dan kelengkapan bahan kerja
5.    kerahasiaan surat, dokumen, data dan, informasi
6.    kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas
7.    kedisiplinan bawahan sesuai kewenangannya

URAIAN TUGAS

1.    Menyusun rencana strategis (Renstra) dan rencana operasional (Renop) program studi
2.    Melaksanakan renop
3.    Mengelola perencanaan pengajaran
4.    Mengelola pelaksanaan kurikulum dan implementasinya
5.    Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai standar mutu
6.    Melakukan pembinaan, koordinasi terkait dengan proses belajar mengajar
7.    Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat prodi
8.    Mengambil Langkah-langkah penyelesaian permasalahan di pembelajaran
9.    Melaporkan semua kegiatan pembelajaran baik input, proses, output pembelajaran dalam bentuk laporan Pendidikan
10.    Mengevaluasi ketercapaian renop
11.    Merencanakan, mengevaluasi, mengembangkan kurikulum (struktur mata kuliah, jejaring mata kuliah, RPS, dan bahan ajar)
12.    Menetapakan spesifikasi/kompetensi program studi
13.    Menetapkan status/kondisi mahasiswa setiap semester
14.    Menetapkan distribusi dosen pengampu mata kluliah (termasuk praktikum)
15.    Mengevaluasi terhadap proses KRS dan KHS mahasiswa setiap semester
16.    Membantu dan mengendalikan proses belajar mengajar di prodi
17.    Melakukan penilaian kinerja dosen program studi dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan melaporkannya kepada Wakil Ketua I dan Ketua STIKes
18.    Menetapkan distribusi dosen wali dan monitoring perwalian
19.    Menyelenggarakan rapat yudisium
20.    Melakukan koordinasi berbagai kebijakan akademik dengan level sejenjang
21.    Membina kualitas kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa
22.    Menginformasikan kebutuhan Kerjasama sesuai kompetensi program studi pada Wakil Ketua I dan Ketua STIKes
23.    Melaksanankan kegiatan hasil kesepakatan Bersama
24.    Mengembangkan materi perkuliahan (termasuk praktikum)
25.    Koordinasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan LPMM, LPM, Laboratorium dan perpustakaan
26.    Melakukan verifikasi penerbitan ijazah dan transkip nilai
27.    Membuat pelaporan tiap semester baik untuk keperluan manajemen, LPM maupun pihak lain (Kopertis, Dikti, dll)
28.    Melaksanakan proses ijin penyelenggaraan dan proses akreditasi/reakreditasi program studi
29.    Melakukan penyetaraan nilai
30.    Mengelola, memonitor dan mengevaluasi kinerja bawahan
31.    Bertanggung jawab dan menyusun organisasi di dalam manajemen program studi
32.    Menetapkan diskripsi tugas masing-masing bagian dalam organisasi program studi
33.    Bertanggung jawab atas terjalinnya hubungan Kerjasama
34.    Mengembangkan dosen melalui Tri Dharma Perguruan tinggi sesuai bidangnya
35.    Memotivasi dan mengembangkan kegiatan kemahasiswaan
36.    Menetapkan hasil penilaian mata kuliah yang disusun
37.    Memonitor, mengevaluasi, memotivasi, menggerakkan tersusunnya nilai per mata kuliah dari masing-masing coordinator mata kuliah ke bagian evaluasi dan sekretaris program studi
38.    Menetapakan perencanaan anggaran program studi selama satu tahun
39.    Menetapkan dan memverifikasi laporan selama satu tahun
40.    Menetapakan dan memverifikasi laporan keuangan kegiatan program studi melalui sekretaris program studi kepala Wakil KetuA I, Wakil Ketua II, dan Ketua STIKes
41.    Memonitor pemasukan dan pengeluaran anggaran setiap tiga bulan sekali melalui sekretaris program studi
42.    Memonitor kelengkapan sarana prasarana program studi melalui sekretaris prodi
43.    Melakukan kontroling keuangan, system PBM Bersama sekprodi dan bagian terkait
44.    Melaksanakan tugas-tugas lain untuk pekerjaan yang diperintahkan atasan yang mendukung tujuan jabatan

Sekretaris Program Studi

TUGAS POKOK

Membantu tugas ketua program studi di dalam pengelolaan dan pengembangan program studi serta memonitor dan bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar di tingkat program studi

WEWENANG

1.    Menegur staf/pengajar dan pegawai administrasi yang lalai dalam melaksanakan tugasnya
2.    Menentukan prioritas pekerjaan
3.    Memaraf surat-surat dinas sesuai dengan ketentuan
4.    Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksaan tugas
5.    Menjaga kerahasiaan surat, dokumen, data, dan informasi
6.    Melaksanakan tugas dan wewenang ketua program studi atas perintah ketua bila ketua berhalangan

TANGGUNG JAWAB
1.    Kebenaran dan ketetapan rencana program kerja
2.    Keserasian dan keterpaduan hubungan kerja
3.    Kelancaran dan ketetapan pelaksaan tugas
4.    Kebenaran dan kelengkapan bahan kerja
5.    Kerahasiaan surat, dokumen, data, dan informasi
6.    Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksaan tugas
7.    Kedisiplinan staf sesuai kewenangannya

URAIAN TUGAS

1.    Melaksanakan kurikulum dan implementasi
2.    Melakukan kegiatan pembelajaran  sesuai dengan standar mutu
3.    Melakukan pembinaan, koordinasi terkait dengan PBM
4.    Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat programstudi
5.    Mengambil Langkah-langkah penyelesaian masalah di pembelajaran
6.    Melaporkan semua kegiatan pembelajaran baik input, proses, output dan pembelajaran
7.    Membantu kaprodi dalam menyusun perencanaan anggaran, yaitu :
a.    Membuat kalender akademik
b.    Membuat jadwal perkuliahan
c.    Membuat team teaching beserta coordinator mata kuliah
d.    Menentukan dosen pengajar
e.    Menentukan dosen wali dan pembimbing akademik
f.    Membuat usulan anggaran belanja program studi
g.    Membuat surat menyurat berkaitan dengan Dikjar (permohonan mengajar, menguji, membimbing, dll)
h.    Mengecek administrasi pembelajaran (jurnal perkuliahan, absensi mahasiswa, absensi dosen, dll)
i.    Mengecek kesiapan sarana prasarana pembelajaran, meliputi ruang kelas dan kelengkapannya
j.    Mengelola administrasi KRS dan KHS mahasiswa setiap semester
k.    Menyiapkan buku-buku pedoman PMB (buku panduan akademik, buku monitoring PA, pedoman praktik lab, pedoman praktik klinik, pedoman tugas akhir)
8.    Membantu kaprodi dalam pelaksaan pengajaran, meliputi :
a.    Melaksanakan administrasi : mengelola RPS, RPP, kesanggupan mengajar, kontrak belajar, dll untuk persiapan pembelajaran
b.    Melaksanakan administrasi pengelolaan monitoring pelaksaan pembelajaran meliputi : kesesuaian materi yang diberikan dengan RPS/RPP, kehadiran dosen dan mahasiswa
c.    Menghimpun hasil verifikasi akhir mata kuliah oleh dosen wali untuk yudisium
d.    Koordinasi pelaksaan ujian akhir program
e.    Melaksanakan administrasi pelaksaan UTS, UAS (termasuk Menyusun jadwal ujian dan pengawasan ujian) ujian akhir, dan UKOM
f.    Mengelola administrasi karya tulis / skripsi
g.    Mengelola administrasi penelitian belajar / KHS, transkip, SERKOM, dan SKPI
h.    Mengelola administrasi SIA dan PDPT
9.    Membantu kaprodi dalam melaksanakan evaluasi PBM, misalnya jumlah kehadiran dosen dan mahasiswa, ketercapaian SAP, dll
10.    Membantu kaprodi dalam pendokumentasian dan pelaporan evaluasi, meliputi :
a.    Mendokumentasikan surat masuk dan keluar
b.    Mengusulkan MoU tempat praktik
c.    Mengumpulkan nilai coordinator evaluasi
d.    Membuat laporan pendidikan semesteran dan tahunan
e.    Membuat laporan penggunaan anggaran anggaran Pendidikan setiap tiga bulan sekali
11.    Melaksanakan pembinaan dosen, tenaga penunjang akademik, tenaga administrasi dan mahasiswa di tingkat program studi
12.    Melaksanakan penyelenggaraan hubungan institusional dengan lingkungan dan alumni untuk pengembangan program studi
13.    Melaksanakan program kerja tahunan dengan pengembangan akademik di tingkat program studi sebagai berikut :
a.    Menyelenggarakn proses pembelajaran meliputi perubahan atau peninjauan kurikulum, metodologi pembelajaran, dan penetapa beban kinerja dosen (BKD)
b.    Koordinasi kegiatan akademik mahasiswa, orientasi kegiatan ilmiah dan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru dan sejenisnya
c.    Pelaksaan pembinaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
d.    Pelaksaan dan pengembangan sarana penunjang Pendidikan
e.    Pengelolaan data akademik sebagai dasar system informasi manajemen program studi
14.    Menyusun spesifikasi program studi dan membuat standar kompetensi lulusan Bersama kaprodi
15.    Mengusulkan status/kondisi mahasiswa tiap semester
16.    Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan

DAFTAR DOSEN


1.    Apt. Hanugrah Ardya, M.Farm
2.    Apt. Inayatush Sholihah, M.Clin.Pharm
3.    Apt. Joko Santoso, M.Sc
4.    Apt. Adhi Wardhana Amrullah, M.Farm
5.    Apt. Agnes Prawistya Sari, M.Farm

PELAKSANAAN PENELITIAN DOSEN PRODI FARMASI PROGRAM SARJANA TAHUN AKADEMIK 2020/ 2021

Dosen Prodi Farmasi Program Sarjana Universitas Kusuma Husada Surakarta menjalankan penelitian secara kontinyu setiap tahunnya. Penelitian yang dilakukan dosen Prodi disesuaikan dengan visi misi Prodi yang mengacu pada visi misi fakultas dan universitas. Dosen Prodi memiliki roadmap penelitian yang menggambarkan kesinambungan penelitian dosen terutama terkait bidang farmasi klinis dan komunitas dan pengembangan produk herbal tahun 2045. Dosen mengikut sertakan mahasiswa sebagai anggota penelitian untuk mewujudkan peran aktif dosen dan mahasiswa dalam Tri Darma khususnya pendidikan dan penelitian. Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen memberikan manfaat tersendiri bagi mahasiswa yaitu mahasiswa memperoleh pengalaman penelitian yang nyata serta membantu menumbuhkan motivasi sebagai peneliti yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya saat penyusunan skripsi. Mahasiswa sebagai anggota penelitian dosen berperan sebagai pengambil data, enumerator, fasilitator, atau mendokumentasikan kegiatan.

Judul penelitian dosen Prodi Farmasi Program Sarjana Program TA 2020/ 2021 sebagai berikut:

NO

NAMA DOSEN

NAMA MAHASISWA

JUDUL PKM

1

apt. HanugrahArdya, M.Farm (NIK: 201991205)

Alivia Cahyaningrum (F19001)

Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Pola Pemilihan Obat Tradisional Untuk Pengobatan Sendiri (Self Medication) pada Masyarakat Desa Kalisoro

Alpidawati(F19002)

Amin Suryaandini (F19003)

Antika Asmara Putri (F19004)

2

apt. InayatushSholihah, M.Clin.Pharm (NIK : 201992248)

GaluhNovica Sari (F19011)

Identifikasi DRP's (Drug Related Problems) pada Pasien Penyakit Ginjal Kronik di RS UNS

Ika Putri Pertiwi (F19012),

IsnainiIndriatuti (F19013

Kharisma Putri Murti Dewi (F19014)

3

apt. EerstaZusvita W., M.Si.(NIK : 201585164)

QulfattuRohana (F19022)

Evaluasi Efektivitas Biaya Penggunaan Terapi Kombinasi Obat Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi Disertai Diabetes Melitus Tipe 2

SekarMeynaAyuningtyas (F19024)

Selma UtamiWailissa (F19025)

Sylvia Anggraini (F19026)

4

apt. Lanny Triana, M.Farm (NIK: 202077267)

SineiwaIpoHigyeungsi (F19027)

Characteristics of Physical Properties of Moringa Leaf Extract (Moringa oleifera) in Capsule Preparations by Wet Granulation Method for Antidiabetic

Vira Herawati (F19029)

Yasmin Nur Afifah (F19030)

YesiSusianti (F19031)

5

apt. Joko Santoso, M.Sc.(NIK : 202081247)

KusnulPatimah (F20015)

Development of Solubility Technology of Jackfruit Leaf Extract (Artocarpus Heterophillus Lam.) on The Characteristics of Nanotechnology Preparation

Ayu Sholaekah (F20016)

DelvianaPuspita Sari (F20017)

Mawalida (F20018)

6

apt. Adhi Wardhana, M.Farm (NIK : 202093251)

Sinta Rofi Mariska (F20022)

Evaluasi Rasionalitas Antibiotik untuk Infeksi Saluran Kemih

MiftakhulZahrohUliya Nur Faizah ( F20023)

Ulfa Kusuma Bhakti (F20024)

Frisda Ayu Agustiningrum  (F20025)

7

apt. Agnes Prawistya Sari, M.Farm ( NIK : 202091253)

Della AnggunSafira (F20029)

Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian dan Pelayanan Apotek pada Masa Pandemic Covid-19 di Apotek Kota Surakarta

Fikri Nur Sulaiman (F20030)

Neni Zakiyah (F20031)

DwiKurniawati ( F20032)

8

apt. Rolando Rahardjoputro, M.Farm (NIK : 202087255)

EliraDwi Ayu Erlandi (F20001)

Analisis Rasionalitas Peresepan Antibiotik dengan Menggunakan Metode Gyssens untuk Pengobatan Pneumonia pada Pasien Geriatri

Destria Usha WidyaRisantie (F20002)

Kania Istiqomah (F20003)

Anggita Maya Fatikasari (F20005)

9

apt. Raden Roro Sri Wulandari, M.Farm (NIK: 202077268)

Leonita Wahyu Kristanti (F20008)

Antidiabetic Activity of 70% Ethanol Extract of  Teak Leaf (Tectona grandis L.S)  in Vivo

Ahmad Fatah Bisri ( F20009)

Sania Ari Rahmawati (F20010)

SyafiraWijiAstuti (F20011)


UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG EFEK SAMPINGOBAT PADA WARGA DESA WISMA DALAM UPAYA PENERAPAN FARMAKOVIGILANS DENGAN DOSEN PRODI FARMASI PROGRAM SARJANA

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun akademik 2020/2021 perode Juli 2020-Juli 2021 dilaksanakan di desa binaan yaitu Mojosongo. Kegiatan tersebut mengajak masyarakat untuk meningkatkan dan memberi pengetahuan tentang kesehatan. Adapun penyuluhan dan pelatihan yang di berikan di Desa Binaan adalah tentang edukasi efek samping obat, penggunaan antibiotik, pencegahan penyakit diabetes melitus dan edukasi obat sejak dini. Mahasiswa dalam kegiatan ini juga di ikut sertakan untuk memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat. Kegiatan ini disambut antusias oleh warga saat pelaksanaanya. Dapat dilihat dari banyaknya warga yang mengikuti kegiatan tersebut.

NO

NAMA DOSEN

NAMA MAHASISWA

JUDUL PKM

1

apt. Hanugrah Ardya, M.Farm (NIK: 201991205)

Alivia Cahyamingrum (F19001)

Penyuluhan Manfaat Daun Johar dan Daun Alpukat sebagai Tanaman Kesehatan di Desa Kalisoro

Alpidawati(F19002)

Amin Suryaandini (F19003)

Antika Asmara Putri (F19004)

2

apt. Inayatush Sholihah, M.Clin.Pharm (NIK : 201992248)

Galuh Novica Sari (F19011)

Peningkatan Pengetahuan Tentang Efek Samping Obat pada Posyandu Lansia dalam Upaya Penerapan Farmakovigilans

Ika Putri Pertiwi (F19012),

Isnaini Indriatuti (F19013

Kharisma Putri Murti Dewi (F19014)

3

apt. Eersta Zusvita W., M.Si.(NIK : 201585164)

Qulfattu Rohana (F19022)

Penyuluhan Kesehatan SertaPemeriksaan Tekanan Darah dan Gula darah

Sekar Meyna Ayuningtyas (F19024)

Selma Utami Wailissa (F19025)

Sylvia Anggraini (F19026)

4

apt. Lanny Triana, M.Farm (NIK: 202077267)

Sineiwa Ipo Higyeungsi (F19027)

Penyuluhan Kesehatan dan Pemeriksaan Tekanan Darah dan Gula darah

Vira Herawati (F19029)

Yasmin Nur Afifah (F19030)

Yesi Susianti (F19031)

5

apt. Joko Santoso, M.Sc.(NIK : 202081247)

Kusnul Patimah (F20015)

Community Development And Empowerment Through The Aplication Of Herbal Soap Making For Skin Health In Parangjoro Village, Grogol, Sukoharjo

Ayu Sholaekah (F20016)

Delviana Puspita Sari (F20017)

Mawalida (F20018)

6

apt. Adhi Wardhana, M.Farm (NIK : 202093251)

Sinta Rofi Mariska (F20022)

Penyuluhan Upaya Pencegahan Infeksi Saluran Kemih

Miftakhul Zahroh Uliya Nur Faizah ( F20023)

Ulfa Kusuma Bhakti (F20024)

Frisda Ayu Agustiningrum  (F20025)

7

apt. Agnes Prawistya Sari, M.Farm ( NIK : 202091253)

Della Anggun Safira (F20029)

Edukasi tentang Obat Dan Pengenalan Profesi Apoteker Dalam Pelayanan Kefarmasian

Fikri Nur Sulaiman (F20030)

Neni Zakiyah (F20031)

Dwi Kurniawati ( F20032)

8

apt. Rolando Rahardjoputro, M.Farm (NIK : 202087255)

Elira Dwi Ayu Erlandi (F20001)

Penyuluhan Penggunaan Antibiotik Yang Bijak Di Kelompok Dasa Wisma Di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta

Destria Usha Widya Risantie (F20002)

Kania Istiqomah (F20003)

Anggita Maya Fatikasari (F20005)

9

apt. Raden Roro Sri Wulandari, M.Farm (NIK: 202077268)

Leonita Wahyu Kristanti (F20008)

Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Pemanfaatan Tanaman Herbal Dalam Rangka Pencegahan Penyakit Diabetes Melitus.

Ahmad Fatah Bisri ( F20009)

Sania Ari Rahmawati (F20010)

Syafira Wiji Astuti (F20011)


Proses Pendidikan

Pendidikan Prodi Farmasi Program Sarjana di tempuh selama 4 tahun. Proses Pendidikan Prodi Farmasi Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta disesuaikan dengan tuntutan kompetensi apoteker nasional yang didukung dengan kurikulum yan mengacu  pada standar Nasional Pendidikan Tinggi Indonesia serta Naskah Akademik Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia. Prodi Farmasi Program Sarjana UKH juga di dukung oleh staf pengajar yang berpengalaman, serta fasilitas penunjang pemeblajaraan yang sngat memadai untuk mendukung penanaman keunggulan sesuai dengan visi prodi.

Kegiatan Akademik

Pembelajaran di Program Studi Farmasi Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta, dilaksanakan berdasarkan Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang KKNI Bidang Pendidikan, PP No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), dan Permendikbud No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Penyelenggaraan pendidikan Sarjana Farmasi dilaksanakan dengan sistem kredit semester (SKS). Beban studi tahap program pendidikan pada program Sarjana Farmasi minimal 147 (seratus empat puluh tujuh) SKS yang terdiri dari 12 SKS mata kuliah umum wajib, 125 SKS mata kuliah wajib program studi dan minimal 5 SKS mata kuliah pilihan program studi serta skripsi/tugas akhir yang setara 5 SKS yang dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang. dari 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester setelah kegiatan akademik awal semester pertama. Setelah menyelesaikan program pendidikan farmasi, maka mahasiswa berhak menyandang gelar Sarjana Farmasi (S.Farm). Kegiatan akademik dilaksanakan dalam semester gasal dan genap,, Semester gasal dimulai bulan Agustus sampai dengan Desember dan semester genap dimulai bulan Februari sampai dengan Juni.  Semester adalah kegiatan akademik perkuliahan yang dilaksanakan selama 16 kali pertemuan dalam setiap semester berjalan. Semester terbagi dua, yaitu gasal dan genap dalam setiap tahun akademik berjalan.

Fasilitas


Program Studi Farmasi Program Sarjana  Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta memiliki Fasilitas laboratorium sebagai berikut :


1.    Lab Kimia Bahan Alam
2.    Lab. Teknologi Farmasi
3.    Lab. Farmakologi dan Toksikologi
4.    Lab Farmasetika
5.    Lab Compounding dan Dispensing
6.    Lab. Biologi Farmasi
7.    Lab. CBT