11 Feb
Admin
01:19:34

Pelatihan BTCLS EMS 119 Tahun 2014

Pelatihan kegawatdaruratan Prodi D III Keperawatan STIKes Kusuma Husada bekerjasama dengan Jakarta Medical Service & Training 119. Yang dimulai tanggal 29 Februari  - 2 Februari di kampus STIKes Kusuma Husada Surakarta.  Acara selama 5 hari itu di ikuti oleh 132 peserta dari tingkat 3 Prodi D III Keperawatan dan beberapa peserta dari luar. Acara tersebut di bagi menjadi tiga sesi teori, Praktek, dan penanganan bencana di hari akhir pelaksanaan.

Sesi teori di laksanakan hari pertama dan kedua yang diisi oleh tim EMS 119 materi yang diajarkan tentang penanganan kegawatdaruratan meliputi : Bantuan Hidup Dasar, First Initial Assesment, Keracunan, Syok, Luka Bakar, EKG, Triage, Defibrilasi, Pembidaian, Management Jalan Nafas, dll. Hari ketiga diisi dengan pembekalan materi dan ujian komprehensif, hari keempat praktek kegawat daruratan dengan 6 stase. Hari kelima pelaksanaan penanganan bencana yang dilaksanakan di lapangan sebelah barat kampus 1 Kusuma Husada, yang melibatkan banyak personil termasuk dari puskesmas, tim kepolisian, tim DAMKAR Surakarta. Simulasi bencana yang dilakukan adalah kecelakaan yang melibatkan bis pariwisata, mobil, dan beberapa motor. Para peserta menjadi tim penyelamat yang di bagi menjadi beberapa regu kemudian melakukan simulasi penanganan dengan  mengevakuasi korban dan melakukan tindakan ke rumah sakit lapangan dan rumah sakit rujukan.

Dari hasil evaluasi oleh Tim EMS 119 terpilih mahasiswa atas nama Whigatzhu Kamaeda Y P  sebagai peserta terbaik I,Pak joko Suminto terbaik II, dan Indah ratnasari sari terbaik III