PROFIL

Program studi Administrasi Kesehatan Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta berdiri pada tahun 2018 dengan SK Ristekdikti nomor 363/KPT/ I/ 2018 pada tanggal 16 April 2018. Program studi Administrasi Kesehatan Program Sarjana memiliki keunggulan di bidang manajemen berbasis digitalisasi dan berjiwa enterpreuner pada layanan kesehatan. Prodi Administasi Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta terakreditasi baik sekali (B) sejak 10 Februari 2023 berdasarkan sk 0116/ LAM/-PTKes/Akr/ Sar/ II/2023. Prodi Administasi Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta terakreditasi Baik Sekali (B) sejak 10 Februari 2023 berdasarkan sk 0116/ LAM/-PTKes/Akr/ Sar/ II/2023.

VISI

Menjadi pusat pendidikan sarjana administrasi kesehatan yang kompeten, unggul, dan inovatif dibidang manajemen berbasis digitalisasi dan berjiwa enterpreuner pada layanan kesehatan tahun 2045

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas dibidang manajemen berbasis digitalisasi, untuk menghasilkan lulusan berkarakter, berdaya saing tinggi,dan berjiwa enterpreunerpada layanan kesehatan
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian berkualitas dan inovatif dibidang manajemen berbasis digitalisasi pada layanan kesehatan untuk peningkatan pembangunan Kesehatan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dibidang manajemen berbasis digitalisasi pada layanan kesehatan dalam rangka aplikasi riset
  4. Mengembangkan profesionalisme bagi semua civitas akademika menuju kearah nasional dan global tingkat ASEAN

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Administrasi Kesehatan yang berkualitas, berintelektual tinggi, memiliki moral agama, kompeten dibidang manajemen berbasis digitalisasi dan berjiwa enterpreuner
  2. Menghasilkan penelitian berkualitas dan inovatif yang mendukung pengembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang manajemen berbasis digitalisasi pada layanan kesehatan skala nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat dibidang manajemen berbasis digitalisasi pada layanan kesehatan berbasis riset.
  4. Meningkatnya profesionalisme bagi semua civitas akademika Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta
  5. Terjalinnya kerjasama berskala nasional dan internasional dalam meningkatkan pembangunan kesehatan

No

Profil

Penjelasan

1

Healthcare administrator/ Pelaksana administrasi kesehatan profesional

Administrator kesehatan mampu melakukan pelayanan  administrasi kesehatan pada pelayanan kesehatan (primer, sekunder, tersier, privat, asuransi, apotek dan badan pelayanan kesehatan pemerintah atau swasta) yang berwawasan IPTEKS

2

Health care Manager/ pelayanan kesehatan (perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pengendalian)

Administrator kesehatan mampu Mengelola organisasi kesehatan, program strategi kesehatan, mengelola lintas fungsional dalam perencanaan, pengorganisasian pengawasan dan pengendalian sistem pelayanan kesehatan

3

Community Leader/ Konsultan, Fasilitator,Advokator dan Educator administrasi kesehatan

Administrator kesehatan mampu memenuhi kemampuan sebagai:

  1. Konsultan: mampu memberikan saran dan arahan dalam pengembangan sistem administrasi pelayanan kesehatan
  2. Fasilitator: Mampu menjembatani perubahan pengelolaan sistem administrasi kesehatan pada tatanan pelayanan kesehatan dan masyarakat
  3. Advokator: mampu menjadi agen perubahan yang dapat berkontribusi dalam pengambilan kebijakan dan pengelolaan administrasi kesehatan.

4

Communicator

Administrator kesehatan mampu melakukan komunikasi verbal, non verval efekif, berbasis bukti (data) dengan pemanfaatan teknologi informasi.

5

Educator

Administrator kesehatan mampu  mengkomunikasikan program-program kesehatan yang ada dalam institusinya.

6

Financer

Administrator kesehatan mampu mengelola manajemen bisnis keuangan pada bidang kesehatan.

7

Researcher/ assistant researcher

Administrator kesehatan mampu menjalankan peran sebagai asisten peneliti sesuai bidang.

SASARAN MUTU

  1. Meningkatnya kualitas Pendidikan yang inovatif
  2. Meningkatnya relevansi, produktivitas dan daya saing hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  3. Meningkatnya kualitas tata kelola program studi dan profesionalisme sumberdaya manusia, mahasiswa serta alumni yang berdaya saing dan berjiwa entrepreneur
  4. Revitalisasi pendukung Tridharma perguruan tinggi

TUGAS DAN WEWENANG

A.    KETUA PROGRAM STUDI

Tugas Pokok

1.    Menyusun Rencana Strategis (Renstra) dan rencana Operasional (Renop)
2.    Melaksanakan Rencana Operasional
3.    Mengelola perencanaan pengajaran
4.    Mengelola pelaksanaan kurikulum dan implementasinya
5.    Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai standar mutu
6.    Melaksanakan pembinaan, koordinasi terkait dengan proses belajar mengajar
7.    Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat prodi
8.    Mengambil Langkah-langkah penyelesaian permasalahan di pembelajaran
9.    Melaporkan semua kegiatan pembelajaran baik input, proses, output pembelajaran dalam bentuk laporan pendidikan
10.    Mengevaluasi ketercapaian Rencana Operasional
11.    Merencanakan, mengevaluasi, mengembangkan kurikulum (struktur matakuliah, jejaring matakuliah, RPS, bahan ajar dan RPP
12.    Menetapkan spesifikasi/kompetensi program studi
13.    Menetapkan status/kondisi mahasiswa setiap semester
14.    Menetapkan distribusi dosen pengampu matakuliah (termasuk praktikum)
15.    Mengevaluasi terhadap proses KRS dan KHS mahasiswa setiap semester
16.    Membantu dan mengendalikan prses belajar mengajar di Program Studi
17.    Melakukan penilaian kinerja dosen prodi dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi
18.    Menetapkan distribusi dosen wali dan monitoring
19.    Menyelenggarakan rapat yudisium
20.    Melakukan koordinasi berbagai kebijakan akademik dengan level sejenjang
21.    Membina kualitas kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa
22.    Menginformasikan kebutuhan kerjasama sesuai kompetensi Prodi
23.    Melaksanakan kegiatan hasil kesepakatan Bersama
24.    Mengembangkan materi perkuliahan (termasuk praktikum)
25.    Koordinasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan LPPM, LPM, Laboratorium dan Perpustakaan
26.    Melakukan verifikasi penerbitan ijazah dan transkip nilai
27.    Membuat pelaporan tiap semester baik untuk keperluan manajemen, LPM maupun pihak lain (Kopertis, Dikti, dll)
28.    Melaksanakan proses ijin penyelenggaraan dan proses akreditasi atau reakreditasi Prodi
29.    Melakukan penyetaraan nilai
30.    Mengelola, memonitor h dan mengevaluasi kinerja bawahan
31.    Bertanggungjawab dan menyusun organizing di dalam manajemen Prodi
32.    Menetapkan deskripsi tugas masing-masing bagian dalam organizing Prodi
33.    Bertanggungjawab atas terjalinnya hubungan kerjasama
34.    Mengembangkan dosendosen melalui Tri Dharma Perguran Tinggi sesuai bidangnya
35.    Memotivasi dan mengembangkan kegiatan kemahasiswaan
36.    Menetapkan hasil penilaian matakuliah yang disusun
37.    Memonitor, mengevaluasi, memotivasi, menggerakan tersusunnya nilai per atakuliah dari masing-masing coordinator matakuliah ke bagian evaluasi dan sekretaris prodi.
38.    Menetapkan perencanaan anggaran prodi selama 1 tahun
39.    Menetapkan dan memverifikasi laporan keuangan kegiatan Prodi melalui Sekprodi
40.    Memonitor pemasukan dan pengeluaran anggaran setiap 3 bulan sekali melalui sekprodi
41.    Memonitor kelengkapan sarana dan prasarana Prodi melalui Sekprodi
42.    Melakukan kontroling keuangan, sistem PBM Bersama Sekprodi dan bagian terkait
43.    Melaksanakan tugas-tugas lain untuk pekerjaan yang diperintahkan atasan yang mendukung tujuan jabatan.

Wewenang  

1.    Menyusun dan mengesahkan Renstra dan Renop Program Studi
2.    Menetapkan perencanaan kegiatan pembelajaran Program Studi
3.    Mengesahkan organizing internal Prodi
4.    Mengarahkan dan menggerakkan sistem manajemen di lingkungan Program Studi
5.    Memberikan keputusan akhir dalam setiap proses musyawarah kegiatan tingkat Program Studi.
6.    Menegur dan membina bawahan di Program Studi
7.    Menilai bawahan di Program Studi
8.    Mengusulkan kebutuhan SDM di Program Studi

Tanggung jawab

1.    Kebenaran dan ketepatan rencana program
2.    Keserasian dan keterpaduan hubungan kerja
3.    Kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas
4.    Kebenaran dan kelengkapan bahan kerja
5.    Kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi
6.    Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas
7.    Kedisiplinan bawahan sesuai kewenangannya

Hubungan Kerja

1.    Wakil Ketua I
2.    Sekretaris Program Studi

DAFTAR DOSEN

Nama Dosen Prodi Sarjana Administrasi Kesehatan :

  1. FRIEDA ANI NOOR,SKM.,M.KES (0619128402)
  2. Anggi Putri Aria Gita S.KM., MKM (0631019701)
  3. Oliva Virvizat Prasastin, SKM., MPH (0604069003)
  4. Nella Tri Surya, SKM., M.Kes (0616079402)
  5. Aulia Siti Nur Rahmah, S.KM., M.KM

PROSES PENDIDIKAN

Pendidikan tinggi Sarjana Administrasi Kesehatan diselenggarakan oleh perguruan tinggi dengan tujuan menghasilkan Sarjana Kesehatan di bidang Administrasi Kesehatan yang unggul dibidang manajemen berbasis digitalisasi dan berjiwa enterpreuner pada bisnis layanan kesehatan. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang menyebutkan bahwa lulusan pendidikan Sarjana Administrasi Kesehatan berada pada jenjang kualifikasi 6 yakni :

  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam.
  3. Mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  4. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data.
  5. Mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  6. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.


Struktur kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran di PS Administrasi Kesehatan  disusun dengan mengacu pada kurikulum PIPAKI dan dikembangkan oleh program studi. Struktur kurikulum telah sesuai dengan peta kompetensi yang tergambar dalam buku panduan kurikulum PS Administrasi Kesehatan. Struktur Kurikulum yang digunakan oleh PS Administrasi Kesehatan  memiliki total SKS 148 SKS yang ditempuh dalam 8 semester dengan rincian 88 SKS kurikulum inti, 39 SKS Mendukung Visi Misi (Penciri Prodi), 12 SKS Pengembangan Institusi, dan 9 SKS mata kuliah pilihan dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang telah disepakati yang mengacu pada jenjang KKNI level 6. Sebaran SKS dalam setiap semester rata-rata 18-20 SKS.

NO

PROFIL LULUSAN

DESKRIPSI PROFIL

1

Healthcare administrator/ Pelaksana administrasi kesehatan profesional

Administrator kesehatan mampu melakukan pelayanan administrasi kesehatan pada pelayanan kesehatan (primer, sekunder, tersier, privat, asuransi, apotek dan badan pelayanan kesehatan pemerintah atau swasta) yang berwawasan IPTEKS

2

Health care Manager/ pelayanan kesehatan (perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pengendalian)

Administrator kesehatan mampu Mengelola organisasi kesehatan, program strategi kesehatan, mengelola lintas fungsional dalam perencanaan, pengorganisasian pengawasan dan pengendalian sistem pelayanan kesehatan

3

Community Leader/ Konsultan, Fasilitator, Advokator dan Educatoradministrasi kesehatan

Administrator kesehatan mampu memenuhi kemampuan sebagai: 1. Konsultan: mampu memberikan saran dan arahan dalam pengembangan sistem administrasi pelayanan kesehatan 2. Fasilitator: Mampu menjembatani perubahan pengelolaan sistem administrasi kesehatan pada tatanan pelayanan kesehatan dan masyarakat 3. Advokator: mampu menjadi agen perubahan yang dapat berkontribusi dalam pengambilan kebijakan dan pengelolaan administrasi kesehatan.

4

Communicator

Administrator kesehatan mampu melakukan komunikasi verbal, non verval efekif, berbasis bukti (data) dengan pemanfaatan teknologi informasi.

5

Educator

Administrator kesehatan mampu mengkomunikasikan program-program kesehatan yang ada dalam institusinya.

6

Finance Officer

Administrator kesehatan mampu mengelola manajemen bisnis keuangan pada bidang kesehatan.

7

Researcher/ assistant researcher

Administrator kesehatan mampu menjalankan peran sebagai asisten peneliti sesuai bidang.

KEGIATAN AKADEMIK

Keterlaksanaan keberkalaan program kegiatan di luar kegiatan pembelajaran terstruktur untuk meningkatkan suasana akademik PS Administrasi Kesehatan. Bagi mahasiswa baru, disediakan kegiatan berupa kuliah umum untuk mendapatkan gambaran awal terkait perkuliahan. Kegiatan ini terintegrasi dengan kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PKKMB). Setiap awal semester PS merencanakan kegiatan dengan mengundang pakar sebanyak 4 pakar dalam 1 semester. Kuliah pakar diperuntukkan bagi mahasiswa di tiap angkatan dengan materi yang lebih spesifik yang membahas trend dan issue setiap bidang dalam ranah administrasi kesehatan di luar dari bahan kajian yang tertuliskan di RPS.  Berikut program dan kegiatan pembelajaran terstruktur untuk meningkatan suasana akademik yang PS laksanakan :

  1. Workshop Bebas Stress Uji Validitas dan Reabilitas Alat Ukur dengan Aplikasi Excel
  2. Kegiatan Perencanaan & Evaluasi Program PBL & Magang
  3. Pendidikan Administrasi Kesehatan : Roadmap Menuju Kompetensi & Rekonstruksi.
  4. Kegiatan Kuliah Pakar Sistem Informasi Kesehatan Digital dalam Mendukung Penanggulangan Covid-19
  5. Kegiatan Kuliah Pakar Strategi Rumah Sakit dalam Pemenuhan dan Pengaturan SDM pada Masa Pandemic Covid-19
  6. Kuliah Pakar Responsiveness Manajemen Bencana dalam Menghadapi Pandemi Covid-19
  7. Kuliah Pakar Tantangan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam Menghadapi Masa Pandemi
  8. Webinar Nasional: Penguatan Peran Epidemiologi Melalui Pemanfaat Health Informatic dalam Penanggulangan dan Pencegahan Bencana (Covid-19)
  9. Model & Instrumen Evaluasi Perkuliahan pada Pendidikan Administrasi Kesehatan
  10. Pengembangan Kurikulum S1 Adminisrasi Kesehatan
  11. Workshop Pendampingan Kurikulum Prodi Administrasi Kesehatan Program Sarjana Bersama Pakar
  12. Kegiatan Webinar Peran BPBD dalam Penanggulangan Bencana di Indonesia
  13. Webinar Kesehatan Nasional Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Digitalisasi, Improving Quality Of Health Care The Digital Era
  14. Webinar KesehatanNasional  Peran Data Informasi Kesehatan
  15. Webinar Kesehatan Nasional Asuransi Kesehatan Menjawab Tantangan SDG'S Tahun 2030

Dalam 2 tahun terakhir sebanyak 15 kegiatan pakar telah terselenggarakan dari berbagai keilmuan PS Administrasi Kesehatan  dengan mengundang pakar/narasumber dari institusi yang sebagian besar telah memiliki kerjasama dengan PS Administrasi Kesehatan . Kegiatan seminar lain juga diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Kesehatan (HIMADKES) dengan sasaran mahasiswa Universitas Kusuma Husada Surakarta dan peserta lain di luar Universitas Kusuma Husada Surakarta. Kegiatan HIMADKES  yang telah terlaksana adalah Webinar, Lomba, Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama di panti asuhan. Untuk meningkatkan pengembangan dosen di PS, PS merencanakan anggaran untuk kegiatan pengembangan dosen agar dosen memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan ilmiah yang dapat menunjang kemampuannya. Setiap dosen dimotivasi untuk mengikuti kegiatan dalam rangka pengembangan diri antara lain mengikuti kegiatan seminar, workshop, conference atau menjadi anggota asosiasi.Kegiatan seminar lain juga diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Kesehatan (HIMADKES) adalah sebagai berikut :

  1. Sidang AD/ART HIMADKES (Himpunan Mahasiswa Sarjana Administrasi Kesehatan) (Tahun 2018/2019)
  2. Sidang AD/ART HIMADKES (Himpunan Mahasiswa Sarjana Administrasi Kesehatan) (Tahun 2019/2020)
  3. Sidang AD/ART HIMADKES (Himpunan Mahasiswa Sarjana Administrasi Kesehatan) (Tahun 202/2022)
  4. Bakti sosial HIMADKES (Himpunan Mahasiswa Sarjana Administrasi Kesehatan) (Tahun 2021/2022)
  5. Bakti sosial HIMADKES (Himpunan Mahasiswa Sarjana Administrasi Kesehatan) (Tahun 2018/2019)
  6. BBS (Bincang – bincang sehat) HIMADKES (Himpunan Mahasiswa Sarjana Administrasi Kesehatan) (Tahun 2019/2020)
  7. BBS (Bincang – bincang sehat) HIMADKES (Himpunan Mahasiswa Sarjana Administrasi Kesehatan) (Tahun 2020/2021)
  8. Malam Keakraban HIMADKES (Himpunan Mahasiswa Sarjana Administrasi Kesehatan) (Tahun 2021/2022)
  9. Short-course Program "ntunhs traditional chinese medicine 2022"

FASILITAS

  1. Ruangan kuliah, perpustakaan, dan laboratorium. Ruang kuliah dilengkapi dengan komputer, AC, papan tulis, layar proyektor.
  2. Perpustakaan dilengkapi dengan ruang baca dan referensi yang relevan dengan bidang studi.
  3. Laboratorium terdiri dari  :
    1. Laboratorium Komputer
    2. Laboratorium Mini Hospital
    3. Laboratorium Kearsipan
    4. Laboratorium Technopreunership
    5. Laboratorium Audio Visual
    6. Laboratorium Bahasa

PENELITIAN

Roadmap Penelitian Program Studi Administrasi Kesehatan Program Sarjana

Kegiatan Penelitian Program Studi Administrasi Kesehatan Program Sarjana

NO

NAMA DOSEN

JUDUL PENELITIAN

TAHUN KEGIATAN

SKIM

KETERLIBATAN MAHASISWA

 

2019

2020

2021

     
 

1

Frieda Ani Noor, SKM.M. Kes

Survei Kepuasan Pegawai Terhadap Pelayanan Kesehatan Sistem Rawat Jalan (SIRAJA) di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

v

 

 

 

 

R

Restu Candra S AK18012

 

Linda Zainatunningtias AK18006

 

Lusyana Pratiwi AK19023

 

 

 

Elektronik Skrining Tes Epidemiologi Covid-19 (E-Steco 19) Berbasis Android di Klinik Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta

 

v

 

PK1

Restu Candra S AK18012

 

Detweera Kintan M AK18003

 

Lusyana Pratiwi AK19023

 

 

 

Development Of Geographic Information System On Electronic Epidemiology Test Screening (E-Steco 19) Based On Android At University (Case Study In Indonesia And Timor Leste)

 

 

 

 

v

PK2

Apry Siswanti AK19010

 

Fina Khoy Rona AK19016

 

Monica Agustin AK19024

 

Devi Novitawati AK20004

 

 

 

2

Anggi Putri Aria Gita, SKM., MKM

Rancangan Aplikasi Stunting Berbasis Android Sebagai Langkah Deteksi Dini Pada Ibu Yang Memiliki Balita (Studi Kasus di Puskesmas Sibela)

 

v

 

R

Tulus Parwati AK18013

 

Putri Pratiwi AK18011

 

Nurul Pratiwi AK 19028

 
   

Aplikasi Gosting (Get Info Of Stunting) Berbasis Android Sebagai Langkah Deteksi Dini Pada Ibu Yang Memiliki Balita(Studi Kasus di Puskesmas Sibela)

 

 

v

PK1

Adisia Desi Handayani AK19001

 

Ila Nur Afifah AK19017

 

Annisa Eka Fadilah AK19009

 

Retnaning Tyas R AK20009

 

3

Oliva Virvizat Prasastin, SKM., MPH

Analisis Akses Informasi Kesehatan Dalam Memperoleh Pelayanan Kesehatan TB Paru Melalui Media Digitalisasi di Puskesmas Ngoresan, Jebres, Kota Surakarta

v

 

 

R

   

Alda Sechan AK19004

 

Putri Nur Pratiwi AK18011

 

Detweera Kintan M AK18003

 

 

 

Aplikasi Sistem Pelayanan Kesehatan (Good Care) Pada Praktik Dokter Mandiri Berbasis Android Dokter (Studi Kasus di Wijaya Kusuma Health Centre)

 

v

 

PK1

Detweera Kintan M AK18003

 

Angelia Setyo AK18002

 

Fitiga C AK18004

 
   

Registration System   Development Of An Android-Based Health Service Application (Good Care)   In Primary Healthcare (Case Study In Indonesia And Timor Leste)

 

 

v

PK2

Lusyana Pratiwi AK19023

 

Selvia Sereani A AK19029

 

Emilda Fitriyani AK19015

 

Wanda Pertiwi AK20011

 

 

 

4

Nella Tri Surya, SKM.M.Kes

Analisis Sistem Informasi Kesehatan Berbasis Digital di Puskesmas Banyuanyar

v

 

 

R

Larasati Lintang Alifia AK19022

 

Fitiga C AK18004

 

Nila Mufidatul AK18009

 

Analisis Pemanfaatan Pengguna Telemedicine di RS PantiWaluyo, Surakarta

 

v

 

R

   

 

 

Valentina Eka L AK18014

 

Nila Mufidatul AK18009

 

Imtiya Ahsani AK19018

 

Aplikasi MHS (Mental Health Solutions) Berbasis Web Dalam Mengatasi Masalah Kesehatan PadaTenaga Kesehatan di RS Panti Waluyo, Surakarta

 

 

v

PK1

Larasati Lintang Alifia AK19022

 

Syafa Narulita Dhani AK19031

 

Shylvi Ailent AK19030

 

Kiki Arifina AK20002

 

5

Kukuh Ardian, SKM., MPH

Analisis Utilisasi Pasien BPJS PBI Pengguma Mobile-JKN Dalam Memanfaatkan Layanan Hemodialysis di RS Panti Waluyo, Surakarta

v

 

 

R

   

Valentina Eka L AK18014

 

Lusi Mayliandri In AK18007

 

Ila Nur Afifah AK19017

 

Rancang Bangun Aplikasi Mobile Berbasis Android Dalam Pencarian Rumah Sakit BPJS Di Kota Surakarta

 

v

 

R

   

Angelia Setyo P AK18002

 

Fitiga C AK18003

 

Wanda Pertiwi AK20011

 

 

 

Aplikasi Mobile Berbasis Android Dalam Pencarian Rumah Sakit BPJS di Kota Surakarta

 

 

v

PK1

Suci Anggraini AK 20012

 

KIki Arifina AK20002

 

Azza Nursabila AK19012

 

Mico Firmansyah AK20015

 

6

Lutfiyah Rizqulloh, SKM., MKM

Analisis Potensi Fraud Terhadap Pengguna Mobile JKN di Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

v

 

 

R

   

Kevin Dea Y AK 18005

 

Nadila AL Fatih AK 18008

 

Veni Andriani AK 19032

 

 

 

7

Agus Murtopo, SE., MM

Analisis Keputusan Pembelian Obat Resep Secara Online Pada Apotik Rawat Jalan di Instalasi Farmasi di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

v

 

 

R

Devi NOvitawati AK20004

 

Fitiga Cahyono AK18004

 

Angela Setyo P AK18002

 

 

 

8

Eka Puspitasari, SKM., MPH

Sistem Digitalisasi Arsip Klaim Jaminan Kesehatan Berbasis Web. (Studi Kasus di RS Panti Waluyo, Surakarta)

v

 

 

R

Laila Nurhayati AK20001

 

Tulus Parwati AK 18013

 

Adisia Desi H AK19001

 

 

 

PENGABDIAN MASYARAKAT

Roadmap Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Administrasi Kesehatan Program Sarjana

Kegiatan PkM Program Studi Administrasi Kesehatan Program Sarjan

NO

 

NAMA DOSEN

 

JUDUL PKM

 

TAHUN KEGIATAN

SKIM

KETERLIBATAN MAHASISWA

2019

 

2020

 

2021

 

1

Frieda Ani Noor, SKM., M.Kes

Pendampingan Pengolahan Data GERMAS Pada Tenaga Kesehatan di Puskesmas Sibela

v

 

 

R

Arista Putri AK19011

Cybi Nopi AK19013

Agedya Ayu AK 19003

 

Pendampingan Manajemen Data Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISK-PK) Pada Tenaga Kesehatan di Puskesmas Sibela

v

 

 

R

Nadila Al Fatih AK 18008

Nila Anisatul M AK 18009

Monica Agustin AK19024

 

Penguatan Pelayanan Kesehatan Sistem Rawat Jalan (SIRAJA) Bagi Tenaga Kesehatan di RS Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

 

v

 

R

Syafa Narulita AK19031

Veni Andriani AK 19032

Putri Nur P AK18011

 

Electronic Socialization Of Android-Based Screening Test Epidemiology (E-Steco19) In Indonesia And Timor Leste

 

v

 

PK 2

Aditia Khafiliyani AK19002

Agedya Ayu Desiva Sari AK19003

Alda Sechan Oxtavina AK19004

Laila Nurhayati AK20001

2

Anggi Putri Aria Gita, SKM., MKM

Pemberdayaan Tenaga Kesehatan Tentang Aplikasi Si Pancing (Sistem Informasi Pantau Stunting) Dalam Pengecekan Status Gizi Balita di Puskesmas Sibela

 

v

 

R

 

Alfira Dea Saputri (AK19007)

Alfita P (AK19008)

Annisa Eka Fadilah (AK19009)

Apry Siswanti (AK19010)

Arista Putri Edlyn (AK19011)

Sosialisasi Rancang Bangun Aplikasi Gosting (Get Info Of Stunting) Pada Tenaga Kesehatan di Puskesmas Sibela

 

 

v

PK1

 

Aldrina Ragilya Nuarhezi AK19005

Alfina Pramesti AK19006

Alfira Dea Saputri AK19007

Harmila Meysafera AK20003

 

3

Oliva Virvizat Prasastin, SKM., MPH

Pelatihan dan Pendampingan Tenaga Kesehatan Tentang Metode KPSP Berbasis Android (SKRIANTENG-MOBILE) di Puskesmas Ngoresan

v

 

 

R

Apry Siswanti AK19010

Fina Khoyrona AK19016

Restu Candra AK18012

 

Peningkatan Literasi Informasi Kesehatan Melalui Media Digitalisasi di Era Pandemi Covid-19 Pada Tenaga Kesehatan di Puskesmas Ngoresan

v

 

 

R

Alda Sechan AK19004

Putri Nur Pratiwi AK18011

Detweera Kintan M AK18003

 

PemberdayaanTenaga Kesehatan Sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Tentang TB Paru Melalui Media Digitalisasi Sobat TB dan N-TB di Puskesmas Ngoresan

 

v

 

R

M. Ilham Syafi’i AK19025

Monica Agustin AK19024

 

 

Socialization Of Android-Based Health Service Application System (Good Care) At Primary Health Care In   Indonesia And Timor Leste

 

 

v

PK 2

Imtiya Ahsani Yahya AK19018

Lanindya Berliana AK19021

Navila Kusumaayu AK19026

Inas Salma Berliana AK20006

 

4

Nella Tri Surya SKM., M.Kes

Penguatan Sistem Informasi Kesehatan Berbasis Digital di Puskesmas Banyuanyar

v

 

 

R

Valentina Eka L AK18014

Nila Mufidatul AK18009

Putri Nur Pratiwi AK18011

 

Pendampingan dan Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Berbasis Digital Sebagai Upaya Peningkatan Tata Kelola Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Banyuanyar

v

 

 

R

Emilda Fitriyani AK19015

Devikha Zabrina AK20008

Octaviany D AK20013

 

Pemberdayaan Tenaga Kesehatan Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Sistem Informasi Kesehatan Berbasis Digital di Puskesmas Banyuanyar

v

 

 

R

Arista Putri Edlyn AK19011

Cybi Nopi AK19013

Dwi Lisna Fajrianti AK19014

Strategi Pemanfaatan Telemedicine Sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 di RS PantiWaluyo, Surakarta

 

v

 

PK1

Arista Putri Edlyn AK19011

Cybi Nopi AK19013

Dwi Lisna Fajrianti AK19014

Carlos Xemens Sangin AK20010

5

 

 

 

Kukuh Ardian, SKM., MPH

 

 

 

Optimalisasi Pemanfaatan Aplikasi Mobile-JKN Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Kesehatan di RS PantiWaluyo, Surakarta

v

 

 

R

 

Angelia Setyo P AK18002

Lusi Mayliandri In AK18007

Nadila AL Fatih AK 18008

Strategi Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Good Goverment Pada Masa Pandemi Covid-19 di RS PantiWaluyo, Surakarta

v

 

 

R

 

Valentina Eka L AK18014

Lusi Mayliandri In AK18007

Ila Nur Afifah AK19017

Penguatan Pemanfaatan Program Mobile-JKN di RS PantiWaluyo

 

v

 

R

 

Emilda Fitriyani AK19015

Devikha Zabrina AK20008

Octaviany D AK20013

 

Penguatan Unit Layanan Hemodialisis Terhadap Pemanfaatan Mobile JKN di Kota Surakarta

 

 

v

PK 1

Nur Intan Ayuningsih AK19027

Nurul Pratiwi AK19028

Ihda Maulida AK20015

Inas Salma AK20006

6

 

Lutfiyah Rizqulloh, SKM., MKM

 

Peningkatan Literasi Berbasis Digital Anti Fraud di Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

v

 

 

R

 

M.Ilham AK19025

Alfina Pramesti AK19006

Miko Firmansyah AK 20015

Minimalisasi Pencegahan Fraud Melalui E-Procurement Dalam Pengadaan Barang dan Jasa di Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

v

 

 

R

 

Kevin Dea Y AK 18005

Nadila AL Fatih AK 18008

Veni Andriani AK 19032

7

 

Agus Murtopo, SE., MM

 

Peningkatan Strategi Pemasaran Layanan Kesehatan Secara Online Dalam Menyisiati Peluang dan Tantangan Bisnis Digital pada Bidang Kesehatan di Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta

v

 

 

R

 

Aditia Hkafiliyani AK19002

Azza Nurzabila AK19012

Veni Andriani AK19032

Pendampingan Digital Marketing Pada Tenaga Kesehatan Sebagai Upaya Optimalisasi Layanan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 di Prof. Dr. R. Soeharso Suraka

v

 

 

R

 

`M. Ilham Syafii AK19025

Harmila Meysafira AK20003

Shylvi Ailent AK 19030

8

 

Eka Puspitasari, SKM., MPH

 

Edukasi Strategi Pemanfaatan Sistem Informasi Kesehatan Elektronik Pada Petugas Rekam Medis di RS PantiWaluyo, Surakarta

v

 

 

R

 

Fina KHoirona AK19016

Lanindya Berliana AK19021

YUstina Laras AK 19033

Upaya Peningkatan Keberhasilan Implementasi Rekam Medis Berbasis Digital di RS PantiWaluyo, Surakarta

v

 

 

R

 

Angelia Setyo AK18002

Tulus Parwati AK 18013

Adisia Desi H AK19001