PROFIL

  • Program Studi : Prodi Kebidanan Program Sarjana
  • Alamat Email :info.s1bidan@ukh.ac.id
  • Nomor Telp : (0271) 857724
  • Alamat : jl Jaya Wijaya No II Kadipiro Surakarta
  • Ketua Prodi : Desy Widyastutik, SST.,M.Keb

VISI

Menjadi Penyelenggara Pendidikan Profesi Bidan yang Unggul Dalam Bidang Asuhan Kebidanan Keluarga dan Pengembangan Praktik Mandiri Pada Tingkat ASEAN Tahun 2045.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesi bidan yang mampu memenuhi tuntutan stakeholder berlandaskan etika, moral, nilai – nilai kemanusian dan agama.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian terkait asuhan kebidanan keluarga dan pengembangan praktik mandiri.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil riset yang sesuai kebutuhan masyarakat
  4. Mengembangkan kegiatan kemahasiswaan dan alumni
  5. Mengembangkan jejaring kerjasama baik nasional maupun global yang mendukung pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan bidan yang mampu memenuhi tuntutan stakeholder berlandaskan etika, moral, nilai – nilai kemanusian dan agama.
  2. Menghasilkan penelitian terkait asuhan kebidanan keluarga dan pengembangan praktik mandiri untuk dimanfaatkan bagi pengembangan ilmu, pendidikan serta pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat terkait asuhan kebidanan keluarga dan pengembangan praktik mandiri dengan mengimplementasikan hasil-hasil penelitian.
  4. Menghasilkan kegiatan kemahasiswaan dan alumni yang berkualitas
  5. Menghasilkan kerjasamabaik nasional maupun global untuk mendukung pengembangan Tri Dharma perguruan tinggi

PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan Program Studi Kebidanan Program Sarjana dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta adalah sebagai berikut :

  1. Pemberi Asuhan Kebidanan (Care Provider)
  2. Lulusan profesi bidan mampu memberikan asuhan kebidanan keluarga secara komprehensif dan profesional yang berfokus pada keunikan perempuan, untuk mencapai reproduksi sehat, pencapaian peran ibu dan kualitas masa pengasuhan anak.
    Lingkup praktik meliputi masa remaja, pranikah, prakonsepsi, kehamilan, persalinan, nifas dan menyusui bayi baru lahir, bayi dan balita, pelayanan kontrasepsi, dan kesehatan reproduksi.
    Asuhan kebidanan keluarga yang berfokus pada upaya promosi, edukasi dan konseling termasuk deteksi dini masalah dan komplikasi, penanganan awal kegawatdaruratan, rujukan, konsultasi dan kolaborasi.
    Pelayanan tersebut melibatkan keluarga dan masyarakat, didukung dengan kemampuan komunikasi, pengambilan keputusan berdasarkan pemikiran kritis, kepekaan, prinsip partnership, standar dan kode etik profesi dan penggunaan teknologi tepat guna yang mendukung proses kealamiahan.  

  3. Komunikator (Communicator)
  4. Lulusan profesi bidan berperan sebagai komunikator dalam memberikan informasi dan edukasi, mengkomunikasikan kebijakan, menyampaikan argumen/pemikiran atau karya inovasi yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat dan pengembangan profesi.

  5. Penggerak Masyarakat (Community Leader)
  6. Lulusan profesi bidan berperan sebagai penggerak dan pemberdaya masyarakat untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat khususnya perempuan, ibu dan anak dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya yang tersedia.

  7. Pengambil Keputusan Dalam Asuhan Kebidanan (Decision Maker)
  8. Lulusan profesi bidan berperan sebagai pengambil keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, etis dan sistematis.

  9. Pengelola (Manager)
  10. Lulusan profesi bidan berperan sebagai pengelola pada layanan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi perempuan, keluarga berencana dengan memperhatikan potensi dan sumber daya secara efektif efisien serta  mampu mengembangkan ketrampilan dalam pengembangan dalam praktik mandiri bidan.

Sasaran Mutu

  1. Meningkatnya kualitas pendidikan yang inovatif
  2. Meningkatnya relevansi,produktivitas dan daya saing hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  3. Meningkatnya kualitas tata kelola program studi dan profesionalisme sumber daya manusia, mahasiswa serta alumni yang berdaya saing dan berjiwa entrepreneur
  4. Revitalisasi pendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi
  1. KETUA PROGRAM STUDI
  2. Tugas Pokok
    1. Menyusun Rencana Strategis (Renstra) dan rencana Operasional (Renop)
    2. Melaksanakan Rencana Operasional
    3. Mengelola perencanaan pengajaran
    4. Mengelola pelaksanaan kurikulum dan implementasinya
    5. Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai standar mutu
    6. Melaksanakan pembinaan, koordinasi terkait dengan proses belajar mengajar
    7. Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat prodi
    8. Mengambil Langkah-langkah penyelesaian permasalahan di pembelajaran
    9. Melaporkan semua kegiatan pembelajaran baik input, proses, output pembelajaran dalam bentuk laporan pendidikan
    10. Mengevaluasi ketercapaian Rencana Operasional
    11. Merencanakan, mengevaluasi, mengembangkan kurikulum (struktur mata kuliah, jejaring matakuliah, RPS, bahan ajar dan RPP
    12. Menetapkan spesifikasi/kompetensi program studi
    13. Menetapkan status/kondisi mahasiswa setiap semester
    14. Menetapkan distribusi dosen pengampu mata kuliah (termasuk praktikum)
    15. Mengevaluasi terhadap proses KRS dan KHS mahasiswa setiap semester
    16. Membantu dan mengendalikan proses belajar mengajar di Program Studi
    17. Melakukan penilaian kinerja dosen prodi dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi
    18. Menetapkan distribusi dosen wali dan monitoring
    19. Menyelenggarakan rapat yudisium
    20. Melakukan koordinasi berbagai kebijakan akademik dengan level sejenjang
    21. Membina kualitas kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan   kompetensi mahasiswa
    22. Menginformasikan kebutuhan kerjasama sesuai kompetensi Prodi
    23. Melaksanakan kegiatan hasil kesepakatan Bersama
    24. Mengembangkan materi perkuliahan (termasuk praktikum)
    25. Koordinasikegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan LPPM, LPM, Laboratorium dan Perpustakaan
    26. Melakukan verifikasi penerbitan ijazah dan transkip nilai
    27. Membuat pelaporan tiap semester baik untuk keperluan manajemen, LPM maupun pihak lain (Kopertis, Dikti, dll)
    28. Melaksanakan proses ijin penyelenggaraan dan proses akreditasi atau reakreditasi Prodi
    29. Melakukan penyetaraan nilai
    30. Mengelola, memonitor dan mengevaluasi kinerja bawahan
    31. Bertanggung jawab dan menyusun organizing di dalam manajemen Prodi
    32. Menetapkan deskripsi tugas masing-masing bagian dalam organizing Prodi
    33. Bertanggung jawab atas terjalinnya hubungan kerjasama
    34. Mengembangkan dosen dosen melalui Tri Dharma Perguran Tinggi sesuai bidangnya
    35. Memotivasi dan mengembangkan kegiatan kemahasiswaan
    36. Menetapkan hasil penilaian mata kuliah yang disusun
    37. Memonitor, mengevaluasi, memotivasi, menggerakan tersusunnya nilai  permata kuliah dari masing-masing coordinator mata kuliah kebagian evaluasi dan sekretaris prodi.
    38. Menetapkan perencanaan anggaran prodi selama 1 tahun
    39. Menetapkan dan memverifikasi laporan keuangan kegiatan Prodi melalui Sekprodi
    40. Memonitor pemasukan dan pengeluaran anggaran setiap 3 bulan sekali melalui sekprodi
    41. Memonitor kelengkapan sarana dan prasarana Prodi melalui Sekprodi
    42. Melakukan kontroling keuangan, sistem PBM Bersama Sekprodi dan bagian terkait
    43. Melaksanakan tugas-tugas lain untuk pekerjaan yang diperintahkan atasan yang mendukung tujuan jabatan.
  3. SEKRETARIS PROGRAM STUDI
  4. Tugas Pokok
    1. Melaksanakan kurikulum dan implementasi
    2. Melaksanaka kegiatan pembelajaran sesuai standar mutu
    3. Melakukan pembinaan, kooordinasi terkait dengan PBM
    4. Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat program studi
    5. Mengammbil langkah-langkah penyelesaian permasalahan di pembelajaran
    6. Melaporkan semuan kegiatan pembelajaran baik input, proses, output pembelajaran
    7. Membantu kaprodi dalam menyusun perencanaan pengajaran, yaitu :
      1. Membuat kalender akademik
      2. Membuat jadwal perkuliahan
      3. Membat team teaching beserta coordinator mata kuliah
      4. Menentukan dosen pengajar
      5. Menentukan dosen wali dan pembimbing akademik
      6. Membuat usulan anggaran belanja prodi (RAB)
      7. Membuat surat menyurat berkaitan dengan Dikjar (Permohonan mengajar, menguji, membimbing dll)
      8. Mengecek administrasi pembelajaran (jurnal perkuliahan, absensi mahasiswa, absensi dosendll)
      9. Mengecek kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran, meliputi ruang dan kelengkapannya
      10. Mengelola administrasi KRS dan KHS mahasiswa setiap semester
      11. Menyiapkan buku-buku pedoman penerimaan mahasiswa baru (Buku Panduan Akademik), Buku Monitoring PA, Praktik Laboratorium, Pedoman Praktik Klinik, Pedoman Tugas Akhir dll
    8. Membantu Kaprodi dalam pelaksanaan pengajaran, meliputi :
      1. Melaksanakan administrasi mengelola RPS, RPP, Kesanggupan mengajar, kontrak belajar dan yang lainnya untuk persiapan pembelajaran
      2. Melaksanakan administrasi pengelolaan monitoring pelaksanaan pembelajaran meliputi :kesesuaian materi yang diberikan dengan RPS, kehadiran dosen dan mahasiswa
      3. Menghimpun hasil verifikasi akhir mata kuliah oleh dosen wali untuk yudisium
      4. Koordinasi pelaksanaan ujian akhir program
      5. Melaksanakan administrasi pelaksanaan UTS, UAS (termasuk menyusun jadwal ujian dan pengawas ujian), ujian akhir dan UKOM
      6. Mengelola administrasi karya tulis ilmiah/skripsi
      7. Mengelola administrasi penelitian belajar/KHS, transkip, sertifikat kompetensi dan SKPI
      8. Mengelola administrasi SIA dan PDPT
    9. Membantu Kaprodi dalam melaksanakan evaluasi PBM, misalnya (jumlah kehadiran dosen dan mahasiswa, ketercapaian RPS dll)
    10. Membantu Kaprodi dalam dokumentasi dan pelaporan evaluasi, meliputi :
      1. Dokumentasi surat masuk dan keluar
      2. Mengusulkan MoU tempat Praktik
      3. Mengumppulkan nilai dari coordinator evaluasi
      4. Membuat laporan pendidikan semesteran dan tahun
      5. Membuat laporan penggunaan anggaran pendidikan setiap 3 bulan sekali
    11. Melaksanakan penyelenggaraan hubungan institusional dengan lingkungan dan alumni untuk pengembangan prodi
    12. Melaksanakan program kerja tahunan dan pengembangan akademik ditingkat prodi sebagai berikut :menyelenggarakan proses pembelajaran meliputi perubahan atau peninjauan kurikulum, metode pembelajaran dan penetapan BKD.
      1. Koordinasi kegiatan akademik mahasiswa, orientasi kegiatan ilmiah dan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru dan sejenisnya
      2. Pelaksanaan pembinaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
      3. Pelaksanaan dan pengembangan sarana penunjang pendidikan
      4. Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan institusi pendidikan
      5. Pengelolaan data akademik sebagai dasar sistem informasi manajemen Prodi.
    13. Menyusun spesifikasi program studi dan standar kompetensi lulusan bersama kaprodi
    14. Mengusulkan status/kondisi mahasiswa tiap semester
    15. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan.
  5. GUGUS KENDALI MUTU (GKM)
  6. Tugas Pokok
    Membantu Sekretaris dalam tugas yang berkaitan dengan penjaminan mutu di ProgramStudi.
    Uraian Tugas
    1. Mengkoordinasikan aktivitas penjaminan mutu akademik di tingkat program studi bersama Kaprodi
    2. Menyusun Spesifikasi Program Studi dan Instruksi Kerja serta dokurnen pendukung bersama Kaprodi
    3. Memonitor penyusunan dokumen Evaluasi Diri bersama Kaprodi
    4. Melakukan persiapan untuk kepentingan akreditasi atau re-akreditasi bersama Kaprodi
    5. Membantu pimpinan program studi dalam aktivitas dan program kerja dalam rangka pencapaian standar mutu
    6. Menyusun laporan kegiatan kepada Kaprodi setiap semester
    7. Membantu bidang lain sesuai dengan keperluan
    8. Membantu kegiatan incidental di tingkat Prodi, Fakultas dan atau Universitas
    9. Membantu tugas-tugas lain yang diberikan Pimpinan
  7. KOORDINATOR BIDANG KEMAHASISWAAN
  8. Tugas Pokok
    Membantu Sekretaris dalam tugas yang berkaitan dengan kemahasiswaan di Program Studi.
    Uraian Tugas
    1. Menyiapkan buku-buku pedoman dan panduan PMB (Buku Panduan Akademik, Buku Saku Mahasiswa dan Buku Monitoring PA)
    2. Mengelola administrasi SIA dan PDPT
    3. Pemetaan dosen PA bagi mahasiswa setiap tahun ajaran
    4. Koordinasi kegiatan akademik mahasiswa, orientasi kegiatan ilmiah dan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru dan sejenisnya.
    5. Membantu Program Studi dalam pengurusan ijin tidak masuk kuliah, ijin cuti mahasiswa, pengunduran diri dan aktif kembali dari cuti.
    6. Pengelolaan surat teguran, SP atau mahasiswa DO
    7. Pendokumentasian kronologis mahasiswa bermasalah
    8. Melaporkan evaluasi kegiatan mahasiswa terkait akademik dan kegiatan eksternal
    9. Melakukan pendampingan dalam keorganisasian mahasiswa (HIMASADA)
    10. Melakukan usaha peningkatan dan pengembangan minat dan bakat mahasiswa di lingkup Program Studi
    11. Melaporkan perkembangan mahasiswa secara akademik dan membina hubungan baik dengan orang tua mahasiswa
    12. Melaksanakan penyelenggaraan hubungan institusional dengan lingkungan dan alumni untuk pengembangan Program Studi.
    13. Membantu pengawasan tentang atribut mahasiswa : baju seragam, pin, name tag, sepatu, KTM, dll.
    14. Pengarsipan data diri mahasiswa (data diri, foto, ijazah dan transkip SMA) serta prestasi mahasiswa
    15. Pelaksanaan tugas lain yang ditetapkan oleh Ketua Program Studi.
  9. KOORDINATOR BIDANG KURIKULUM
  10. Tugas Pokok
    Membantu Sekretaris Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran di Program Studi
    Urain Tugas
    1. Membuat kalender akademik dan jadwal perkuliahan
    2. Melakukan peninjauan kurikulum, baik secara mikro dan makro
    3. Membuat rincian bahan ajar dan pengecekan kesesuaian RPS yang telah dibuat oleh coordinator MK
    4. Melaksanakan administrasi : mengelola RPS, kesanggupan mengajar, kontrak belajar dan yang lainnya untuk persiapan PBM.
    5. Menyiapkan buku-buku pedoman PMB (buku panduan akademik, buku monitoring PA, pedoman praktik laboratorium, dan pedoman tugas akhir/skripsi)
    6. Melaksanakan administrasi pengelolaan monitoring pelaksanaan pembelajaran meliputi :kesesuaian materi yang diberikan dengan RPS, kehadiran dosen dan mahasiswa.
    7. Melakukan pemetaan kisi-kisi ujian, jumlah soal ujian dan jadwal pengawas ujian.
    8. Melakukan koordinasi dengan pihak terkait (BAAK, dan IT) untuk  pelaksanaan UTS, UAS dan Ujian Akhir)
    9. Mengelola administrasi penelitian belajar , KHS, transkip, SKPI
    10. Membantu Ketua Program Studi dalam melaksanakan evaluasi PBM, misalnya jumlah kehadiran dosen, mahasiswa ketercapaian SAP, dll.
    11. Membantu Program Studi dalam persiapan yudisium.
    12. Melakukan rekapitulasi nilai dari coordinator MK
    13. Mengidentifikasi mahasiswa yang mengikuti ujian (UTS, UAS dan remedial)
    14. Membuat laporan LPJ hasil evaluasi untuk kelengkapan laporan pendidikan
    15. Melakukan koordinasi dengan BAAK untuk penyerahan nilai KHS setiap semester dan transkip nilai tiap semester.
    16. Pelaksanaan tugas lain yang ditetapkan oleh Ketua Program Studi.
  11. KOORDINATOR BIDANG EVALUASI
  12. Tugas Pokok
    Membantu Ketua Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan Evaluasi Program Studi
    Urain Tugas
    1. Melakukan rekapitulasi nilai dari koordinator mata kuliah
    2. Mengidentifikasi mahasiswa yang mengikuti ujian (UTS, UAS dan remedial)
    3. Membuat laporan pertanggungjawaban bidang evaluasi untuk kelengkapan laporan pendidikan
    4. Mengkoordinir nilai akhir mata kuliah dari coordinator mata kuliah  untuk di serahkan kebagian administrasi prodi untuk diteruskan ke BAAK yang meliputi nilai KHS dan transkrip nilai di akhir semester 8
    5. Pelaksanaan tugas lain yang akan ditetapkan kemudian oleh Ka. Prodi.
  13. KOORDINATOR BIDANG PRAKTIK
  14. Tugas Pokok
    Membantu Ketua Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan Praktik Klinik KebidananProgram Sarjana
    Uraian Tugas
    1. Melakukan koordinasi dalam penyusunan buku panduan praktik klinik
    2. Menyiapkan perijinan praktik klinik berupa proposal surat penjajakan PKK
    3. Menyiapkan pemetaan lahan praktik klinik, daftar mahasiswa dan daftar pembimbing
    4. Mengusulkan MOU baru dan pengembangan lahan praktik kebagian BAAK
    5. Membuat laporan pertanggungjawaban bidang praktik klinik untuk kelengkapan laporan pendidikan
    6. Koordinasi dengan Prodi terkait jadwal OSCE
    7. Membuat surat permohonan penggunaan laboratorium untuk ujian OSCE
    8. Koordinasi perasat yang diujikan dengan koordinator mata kuliah
    9. Koordinasi terkait penyusunan susunan panitia untuk ujian OSCE
    10. Bertanggung jawab penyusunan laporan pertanggungjawaban untuk ujian OSCE
    11. Bertanggungjawab dalam penyusunan laporan setiap Praktik Klinik Administrasi Rumah Sakit.
    12. Pelaksanaan tugas lain yang akan ditetapkan kemudian oleh Ka. Prodi.
  15. KOORDINATOR PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
  16. Tugas Pokok
    Membantu Ketua Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat KebidananProgram Sarjana
    Uraian Tugas
    1. Melakukan koordinasi dan mendokumentasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkup Prodi KebidananProgram Sarjana
    2. Melakukan pembagian mapping Ketua dan Anggota penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Prodi Kebidanan Program Sarjana
    3. Membantu melakukan data mahiswa yang terlibat dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
    4. Membantu memfasilitasi dosen ke LPPM terkait dengan administrasi sumber daya yang diperlukan
    5. Meenyusun laporan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat  setiap tahun kepada kaprodi
    6. Membantu bidang lain sesuai dengan keperluan
    7. Membantu kegiatan incidental ditingkat Prodi, Fakultas dana tau Universitas
    8. Membantu tugas-tugas lain yang diberikan Pimpinan
  17. PELAKSANA ADMINISTRASI PROGRAM STUDI
  18. Tugas Pokok
    Membantu Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi dalam melaksanakan administrasi akademik
    Uraian Tugas
    1. Mendistribusikan SK mengajar setiap dosen
    2. Melaksanakan tugas dalam pembuatan dan penerbitan
    3. Mendistribusikan surat tugas kepada dosen
    4. Mendistribusikan surat keluar kepada unit yang dituju
    5. Menerima dan memeriksa buku ekspedisi yang telah ditandatangani oleh penerima surat
    6. Melayani mahasiswa dalam pengumpulan foto ijazah, transkip, nilai dan biodata mahasiswa

Dosen Prodi Kebidanan Program Sarjana

  1. Desy Widyastutik, SST.,M.Keb
  2. Ernawati, SST., M.Kes., M.Keb
  3. Anis Nurhidayati, SST.,M.Kes 
  4. Retno Wulandari, SST.,M.Keb
  5. Rahajeng Putriningrum, SST.,M.Kes
  6. Yunia Renny A, SST.,MPH
  7. dr. Henri Sulistiyanto, SpOG (K) Obgynsos
  8. Dessy Dwijayanti, S.Pd.,M.Li

Proses pendidikan

Program studi kebidanan program sarjana terdiri dari tahap sarjana akademik dengan beban studi sebesar 151 SKS ditempuh selama 8 semester. Selama proses pendidikan mahasiswa dalam proses belajar mengajar meliputi teori, praktikum dan praktik klinik.

STRUKTUR MATA KULIAH KURIKULUM PROGRAM STUDI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS KUSUMA HUSADA SURAKARTA
TAHUN AKADEMIK 2021/2022

TAHAP PENDIDIKAN SARJANA
A. SEMESTER I

NO

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah

SKS

T

P


1

SB001

Pendidikan Agama

(Religion)

2

2



2

SB002

Kewarganegaraan

(Civil education)

2

2



3

SB003

Pengantar Praktik Kebidanan

(Introduction to midwifery practice)

3

2

1


4

SB004

Genetika dan Bioreproduksi

(Genetics and bio reproduction)

3

2

1


5

SB005

Anatomi Manusia

(Human Anatomy)

3

2

1


6

SB006

Fisiologi Manusia

(Human Physiology)

3

2

1


7

SB007

Pengembangan Kepribadian

(Personality Development)

2

1

1


Total SKS

18

13

5


B. SEMESTER II

NO

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah

SKS

T

P

K

1

SB008

Pancasila

(Pancasila)

2

2



2

SB009

Asuhan Kebidanan

(Midwifery care)

2

2



3

SB010

Fisika Kesehatan dan Biokimia Dalam Praktik Kebidanan

(Health Physics and Biochemistry in Midwifery Practice)

2

1

1


4

SB011

Mikrobiologi dan Parasitologi

(Microbiology and Parasitology)

2

1

1


5

SB012

Keterampilan Dasar Praktik Kebidanan

(Basic skills in midwifery practice)

5

3

2


6

SB013

Farmakologi Dalam Asuhan Kebidanan

(Pharmacology in Midwifery Care)

2

1

1


7

SB014

Etika Profesi dan Regulasi Dalam Praktik Kebidanan

(Professional Ethics and Regulation in Midwifery Practice)

2

1

1


8

SB021

General English

2

1

1


Total SKS

19

12

7


C. SEMESTER III

NO

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah

SKS

T

P

K

1

SB016

Komunikasi Efektif dan Konseling

(Effective Communication and Counseling)

4

2

2


2

SB017

Pemeriksaan Fisik Ibu dan Bayi

(Physical Examination of the Mother and the newborn)

3

2

1


3

SB018

Profesionalisme Kebidanan

(Midwifery Professionalism)

4

2

2


4

SB019

Fisiologi Kehamilan, Persalinan, Nifas dan BBL

(Physiology of pregnancy, childbirth, postpartum, and newborn)

4

3

1


5

SB020

Psikologis Kehamilan, Persalinan, Nifas dan BBL

(Psychology of pregnancy, childbirth, postpartum, and newborn)

2

1

1


6

SB022

Penelusuran Jurnal

(Journal Search)

2

1

1


Total SKS

19

11

8


D. SEMESTER IV

NO

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah

SKS

T

P

K

1

SB023

Evidence Based dalam Praktik Kebidanan

(Evidence Based in Midwifery Practice)

4

3

1


2

SB024

Psikologi Dalam Praktik Kebidanan

(Psychology in Midwifery Practice)

2

1

1


3

SB025

Askeb Pada Remaja dan Perimenopause

(Adolescent and perimenopause care)

2

1

1


4

SB026

Askeb Pada Pranikah dan Prakonsepsi

(Midwifery care in premarital and preconception)

2

1

1


5

SB027

KB dan Pelayanan Kontrasepsi

(Family planning and contraception service)

3

2

1


6

SB028

Gizi Reproduksi

(Reproductive Nutrition)

2

1

1


7

SB029

English Midwifery

4

3

1


Total SKS

19

12

7


E. SEMESTER V

NO

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah

SKS

T

P


1

SB030

Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan

(Midwifery care in pregnancy)

6

4

2


2

SB031

Asuhan Kebidanan Pada Persalinan dan BBL

(Midwifery care in labor and newborn)

7

5

2


3

SB032

Asuhan Kebidanan Pada Ibu Nifas

(Midwifery care in the postnatal period)

3

2

1


4

SB033

Asuhan Pada Bayi, Balita danAnak Prasekolah

(Midwifery care in infants, toddlers, and preschool children)

3

2

1


Total SKS

19

13

6


F. SEMESTER VI

NO

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah

SKS

T

P

K

1

SB034

Asuhan Pada Kasus Komplek

(Midwifery care in the complex case)

2

1

1


2

SB035

Asuhan Pada Perempuan dan Anak dengan Kondisi Rentan

(vulnerable women and children care)

2

1

1


3

SB036

Praktik Profesional Bidan

(Midwifery Professional Practice)

3

2

1


4

SB037

Manajemen dan Kepemimpinan dalam Pelayanan Kebidanan

(Management and leadership in midwifery care)

2

1

1


5

SB038

Masalah dan Gangguan Sistem Reproduksi

(Reproductive System Problems and Disorders)

2

1

1


6

SB039

Pelayanan Kebidanan dalam Sistem Pelayanan Kebidanan

(Midwifery Care within Midwifery Care System)

2

1

1


7

SB040

Bahasa Indonesia

(Bahasa)

2

1

1


8

SB041

Penelitian dalam Kebidanan

(Research in midwifery)

4

2

2


Total SKS

19

10

9


G. SEMESTER VII

NO

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah

SKS

T

P

K

1

SB042

Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal

(Maternal and Neonatal Emergency)

3

2

1


2

SB043

Komplikasi pada Kehamilan, Persalinan, Nifas dan BBL

(Complications in Pregnancy, Childbirth, Postpartum and Newborn)

3

2

1


3

SB044

Pelayanan Kebidanan Komunitas

(Community Midwifery Care)

4

2

2


4

SB045

Praktik Kebidanan

(Midwifery Practice)

4



4

5

SB046

Pengembangan Praktik Mandiri Bidan

(Development of Midwifery Independent Practice)

4

2

2


6

SB049

Skripsi I

(Thesis I)

2



2

6

SB052

Kewirausahaan (Enterpreneurship)

2

2



Total SKS

22

10

6

6

H. SEMESTER VIII

NO

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah

SKS

T

P

K

1

SB047

Asuhan Kebidanan Keluarga (Family midwifery care )

6

4

2


2

SB048

Kebijakan dalam Kebidanan

(Midwifery policy)

3

3



3

SB050

Pendidikan Anti Korupsi (Anti-corruption Cultural Education)

2

2



4

SB051

Elektif /Bahasa Asing (Foreign Languange Elective)

3

1

2


5

SB053

Skripsi II

(Thesis II)

2



2

Total SKS

16

10

4

2

Kegiatan akademik

a. e-Learning dapat diakses di laman website http://ukh.ac.id
b. e-Journal dapat diakses di laman website http://ukh.ac.id
c. e-book dapat diakses di laman website http://ukh.ac.id
d. Digital Library dapat diakses di laman website http://digilib.ukh.ac.id
e. Artikel
f. Kegiatan PKKMB

Fasilitas

  1. Ruang Kelas Yang Nyaman
  2. Laboratorium Bahasa
  3. Laboratorium Komputer (Ruang CBT)
  4. Perpustakaan
  5. Ruang Konseling
  6. WIFI
  7. Ruang Tutorial
  8. Aula
  9. Klinik Terpadu
  10. Lapangan Olahraga
  11. Ruang Laboratorium Terpadu, meliputi :
    • Laboratorium Mikrobiologi, Parasitologi, dan Biokimia
    • Laboratorium Anatomi Fisiologi
    • Lab Gizi
    • Lab Bayi Balita dan Anak Pra sekolah
    • Lab KDPK
    • Lab Antenatal Care
    • Lab Intranatal Care
    • Lab Postnatal Care
    • Lab Bayi Baru Lahir
    • Lab KB dan Pelayanan Alat Kontrasepsi
    • Lab Komunitas
    • Lab Gadar Maternal Neonatal
    • Lab Kesehatan Reproduksi
    • Lab Manajemen Kepimpinan dan Pelayanan Kebidanan
    • Laboratorium Continuity of Care
    • Laboratorium Pra Nikah dan Pra Konsepsi
    • Laboratorium Remaja dan Perimenopause
    • Laboratorium Yoga
    • Laboratorium Pengembangan Praktik Mandiri Bidan Postnatal Care

PELAKSANAAN PENELITIAN DOSEN PRODI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA DAN PRODI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN PROGRAM PROFESI TAHUN AKADEMIK 2019/ 2020

Dalam rangka menjalankan salah satu bagian dari Tridhrama Perguruan Tinggi, dosen Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta telah menjalankan penelitian secara kontinyu setiap tahunnya. Dosen melakukan penelitian sesuai visi misi Prodi yang mengacu pada visi misi fakultas dan universitas. Dosen Prodi memiliki roadmap yang menggambarkan fokus, tema, dan topik penelitian yang sinergis disesuaikan dengan roadmap prodi sehingga rantai  penelitian dosen tampak berkesinambungan terutama terkait Asuhan Kebidanan Keluarga dan Pengembangan Praktik.
Penelitian yang dilakukan dosen mengikutsertakan mahasiswa sebagai anggota penelitian. Proses melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen merupakan bentuk sinergi antara dosen dan mahasiswa dalam Tri Darma khususnya pendidikan dan penelitian. Proses ini dapat memberikan pengalaman penelitian yang nyata bagi mahasiswa, membantu menumbuhkan motivasi sebagai peneliti yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa saat penyusunan skripsi khususnya. Mahasiswa sebagai anggota penelitian dosen berperan sebagai pengambil data, enumerator, fasilitator, atau mendokumentasikan kegiatan.
Terdapat 11 judul penelitian dosen Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program TA 2019/ 2020 sebagai berikut

Tabel 1. Penelitian Dosen Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program TA 2019/ 2020

No.

Judul Penelitian

Nama Dosen

Nama Mahasiswa

1.

Penerapan Edukasi Family Centered Maternity Care (FCMC) terhadap perilaku ibu postpartum melalui asuhan home care di wilayah kerja puskesmas gambirsari surakarta

Desy Widyastutik, SST.,M.Keb

Dian Fitriastuti (SB18003)

Dwi Pratiwi (SB18004)

Afwa Nur A (SB19001)

Alya Olifia Z (SB19002)

Amanda Amalia (SB19003)

2.

Peningkatan pengetahuan dan perilaku konsumsi tablet darah (TTD) dalam perawatan prakonsepsi melalui booklet dan pemberian TTD

Megayana Yessy Maretta, SST., M.Keb

Intan Pandini (SB19028)

Maycindi Astuti (SB19029)

Melania Fitri (SB19031)

Merlinda Rachmawati (SB19032)

3

Pengaruh Hypnopregnancy terhadap perubahan denyut jantung janin dan tekanan darah di PMB Rufina Surakarta

Rahajeng Putriningrum, SST., M.Kes

Siti Nur Indah Mayasari (SB18017)

Stefani Chalisnia Putri (SB18018)

 

4.

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Audio Visual Tentang Metode BOM Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Nifas di PMB Syifa Cemani Sukoharjo

Tresia Umarianti.S.ST, M.Kes

Rika Ade Ima (SB18014)

Niea Damayanti (SB20001)

5.

Pengaruh edukasi pijat laktasi dengan media booklet terhadap keterampilan kader dalam melakukan pijat laktasi di Posyandu Tanggul Asri Wilayah Desa Clolo Surakarta

Siti Nurjanah, SST., M.Keb

Ananda Berlina (SB18001)

Anggi Suharjanti (SB18002)

Aqaz Rohqiati (SB19005)

Auliya Rahmawati (SB19006)

6.

Pengaruh pijat aromaterapi terhadap tingkat kecemasan pada ibu postpartum

Erinda Nur Pratiwi, SST.,M.Kes.,M.Keb

Tri Anisah (SB021)

Valentina Goretty (SB18022)

Ema Dwi Iryani (SB19018)

Eneng Rima (SB19019)

7.

A Constructivist Gounded Theory : Pengalaman mahasiswa bidan dalam mengimplementasikan asuhan kebidanan berkelanjutan (Continuity Of Care)

Feri Anita Wijayanti, S.Keb., Bd, M.Mid

Sisa Maharani (18016)

Bella Putri (SB19007)

8.

Analisis Pola Asuh Balita Stunting 6-24 bulan di Desa Kadipiro Surakarta (Studi Fenomenologi)

Yunia Renny A, SST., MPH

Meisa Ardela P (SB18010)

Mutiara Rizki (SB18011)

Nadia Kumala (18012)

9.

Pengaruh Pemberian Booklet "SIDARA" (Laktasi dan Perawatan Payudara) terhadap self efikasi breastfeeding pada ibu nifas

Aris Prastyoningsih, SST.,M.Keb

Elvi Kumala Sari (SB18005)

Icha Dwi Safitri (SB18006)

10.

Faktor – faktor yang mempengaruhi minat ibu untuk melaksanakan senam hamil

Ajeng Maharani Pratiwi, SST., M.Keb

Treni Yeni (SB19043)

Umatul Khoerriyah (SB19044)

Nita Aprillya (SB19036)

11.

Pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan Buku saku SADARI terhadap tingkat pengetahuan Remaja di Posyandu Tanggul Asri

Retno Wulandari, SST.,M.Keb

Icha Meilani (SB18007)

Ika Aprillina (SB18008)

Hanifah Salimatul (SB19024)


PELAKSANAAN PENELITIAN DOSEN PRODI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA DAN PRODI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN PROGRAM PROFESI TAHUN AKADEMIK 2020/ 2021

Dosen Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta menjalankan penelitian secara kontinyu setiap tahunnya. Penelitian yang dilakukan dosen Prodi disesuaikan dengan visi misi Prodi yang mengacu pada visi misi fakultas dan universitas. Dosen Prodi memiliki roadmap penelitian yang menggambarkan kesinambungan penelitian dosen terutama terkait Asuhan Kebidanan Keluarga dan Pengembangan Praktik.
Dosen mengikutsertakan mahasiswa sebagai anggota penelitian untuk mewujudkan peran aktif dosen dan mahasiswa dalam Tri Darma khususnya pendidikan dan penelitian. Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen memberikan manfaat tersendiri bagi mahasiswa yaitu mahasiswa memperoleh  pengalaman penelitian yang nyata serta membantu menumbuhkan motivasi sebagai peneliti yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya saat penyusunan skripsi. Mahasiswa sebagai anggota penelitian dosen berperan sebagai pengambil data, enumerator, fasilitator, atau mendokumentasikan kegiatan.
Terdapat 11 judul penelitian dosen Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program TA 2020/ 2021 sebagai berikut:

Tabel 1. Penelitian Dosen Prodi Kebidanan Program Sarjana dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan Program TA 2020/ 2021

No.

Judul Penelitian

Nama Dosen

Nama Mahasiswa

1.

Penerapan Edukasi Family Centered Maternity Care (FCMC) terhadap perilaku ibu dalam perawatan kehamilan melalui asuhan home care di wilayah kerja puskesmas gambirsari surakarta

Desy Widyastutik, SST.,M.Keb

Dian Fitriastuti (SB18003)

Dwi Pratiwi (SB18004)

Afwa Nur A (SB19001)

Alya Olifia Z (SB19002)

Amanda Amalia (SB19003)

2.

Pengaruh Skrining Anemia dan Edukasi Video terhadap sikap dan perilaku perawatan prakonsepsi rematri dan wanita usia subur (WUS) di Puskesmas Gambirsari

Megayana Yessy Maretta, SST., M.Keb

Intan Pandini (SB19028)

Maycindi Astuti (SB19029)

Melania Fitri (SB19031)

Merlinda Rachmawati (SB19032)

3.

Efektivitas Pemberian Buku Saku Mas Imil terhadap kecemasan dan kualitas tidur pada ibu hamil selama pandemi covid-19

Deny Eka Widyastuti, SST.,M.Kes.,M.Keb

Ananda Berlina (SB18001)

Anggi Suharjanti (SB18002)

Hanifah Salimatul (SB19024)

Harista Sari (SB19025)

Marzuqah Yitni (SB20017)

4.

Pengaruh selfthypnopregnancy Mom and Baby terhadap kesejahteraan janin di Wilayah Grogol Sukoharjo

Rahajeng Putriningrum, SST., M.Kes

Saliya Widyaningsih (SB18015)

Teresia Presela Tamara (SB18019)

 

5.

Pengaruh pendampingan suami dalam pelaksanaan BOM Massage terhadap tingkat kelelahan ibu nifas Di PMB Ngudi Saras Karanganyar

Tresia Umarianti.S.ST, M.Kes

Rika Ade Ima (SB18014)

Niea Damayanti (SB20001)

6.

Pengaruh edukasi video animasi fisiologi menyusui terhadap persepsi produk ASI pada ibu nifas di RSUD Karanganyar

Siti Nurjanah, SST., M.Keb

Aqaz Rohqiati (SB19005)

Auliya Rahmawati (SB19006)

Harista Sari (SB19025)

Marzuqah Yitni (SB20017)

Meylin (SB20018)

7.

Pengaruh curcuma domestica, centella asiatica, cera alba, gliserin, essens lemon untuk mengurangi stretch mark

Erinda Nur Pratiwi, SST.,M.Kes.,M.Keb

Tri Anisah (SB021)

Valentina Goretty (SB18022)

Esteffi Graf (SB19020)

Dian Ramadani (SB20009)

Rahma Delima (SB20022)

 

8.

Pengaruh konseling terhadap akseptor KB dalam pengambilan keputusan alat kontrasepsi (ABPK) pada masa nifas di PMB Mira Haryanti Bangsalan Teras Boyolali

Ernawati, SST.,M.Kes.,M.Keb

Anastasya Kristi (SB20004)

Ayu Rahma (SB20006)

Dian Ayu Irani (SB20008)

9.

Efektivitas pemberian teh CUMINT (Celup Daun Mint) dibandingkan teh CUMER (Celup Jahe Merah) Terhadap tingkat nyeri menstruasi pada remaja putri di SMP Negeri 2 Karangpandan

Wijayanti, SST.,M.Kes.,M.Keb

Nadila Nanda Putri (SB20020)

Dhini Susan Marina (SB19014)

Ni Komang Triyana (SB20019)

10.

Analisis Pola Asuh Balita dalam Perspektif Ekososbud (Studi Kualitatif)

Yunia Renny A, SST., MPH

Erlinawati (SB21017)

Fenny Andriani (SB21019)

Fatasya Ayu F (SB21018)

Linda Parwati (SB20015)

11.

Formulation Instant Moringa Combination Dates (Phoenix Dactylifera) As Galactogogues

Aris Prastyoningsih, SST.,M.Keb

Elvi Kumala Sari (SB18005)

Icha Dwi Safitri (SB18006)

12.

Pengaruh Senam Hamil Terhadap Penurunan Nyeri Punggung Bawah Pada Ibu Hamil TM II dan TM III di Edelweiss Day SPA

Ajeng Maharani Pratiwi, SST., M.Keb

Treni Yeni (SB19043)

Nita Aprillya (SB19036)

Sofiy Afifah (SB20026)

13.

Pengaruh Edukasi Kesehatan Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Video Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) terhadap pengetahuan dan sikap WUS di Posyandu Tanggul Asri RW 10 Kadipiro Banjarsari Surakarta

Retno Wulandari, SST.,M.Keb

Syafinatus (SB19042)

Susi Sulistyowati (SB19041)

Hanifah Salimatul (SB19024)

14.

Pengaruh Metode ERACS terhadap Penurunan Skala Nyeri Ibu Bersalin SC di RSIA Mutiara Bunda Malang

Henry Sulityanto, SpOG (K) Obgynsos

Nani Sumiati (SB19034)

Linda Parwati (SB20015)

UPAYA PENINGKATAN PERILAKU HIDUP SEHAT MELALUI KEGIATAN PENGABDIAN  KEPADA MASYARAKAT DI DESA BINAAN DENGAN DOSEN PRODI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA DAN PRODI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN PROGRAM PROFESI

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat  pada semester ganjil tahun akademik 2019/2020 perode September-Februari dilaksanakan di desa binaan yaitu Kelurahan Banjarsari. Kegiatan tersebut mengajak masyarakat untk meningkatkan dan memberi pengetahuan tentang kesehatan.

Topik-topik yang diberikan oleh dosen dalam pemberian penyuluhan dan pelatihan dalam kegitan pengabdian masyarakat antara lain tentang imunisasi dasar lengkap pada bayi, penyuluhan SADARI, perimenopause, ASI Eksklusif, PHBS, KB dan terapi pijat commond cold pada bayi. Dari kegiatan tersebut  masyarakat menjad tahu dan meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan mereka, terbukti dengan program evaluasi yang dilaksanakan oleh dosen melalui post test pada ahir kegiatan.
Program Kegiatan masyarakat ini dilakukan oleh dosen sarjana dan profesi bidan yang wajib dilaksanakan tetiap tahun. Mahasiswa dalam kegiatan ini juga di ikutsertakan  untuk memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat.

DOSEN PRODI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA DAN PRODI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN PROGRAM PROFESI  ADAKAN KEGITAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DALAM RANGKA TRI DARMA PERGURUAN TINGI

Dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen salah satunya adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian Kepada masyarakat ini dilakukan pada semester genap tahun tahun akademik 2019/2020 yang dilaksanakan pada bulan Maret- Agustus.


Tujuan dalam kegitan pengabdiam masyarakat ini adalah untuk berbagi ilmu kepada masyarakat guna meningkatkan pengetahuan, ketrampilan serta perilaku kesehatan pada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dalam periode ini misalnya adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang kesehatan kepada masyarakat.


Adapun penyuluhan dan pelatihan yang di berikan adalah tentang edukasi masa post partum, masa kehamilan, masa nifas, BBL, Remaja dan Perimenopause. Mahasiswa dalam kegiatan ini juga di ikutsertakan  untuk memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat.
Kegiatan ini disambut antusias oleh warga saat pelaksanaanya. Dapat dilihat dari banyaknya warga, kader, ibu hamil dan remaja yang mengikuti kegiatan tersebut.

DOSEN PRODI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA DAN PRODI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN PROGRAM PROFESI  ADAKAN KEGITAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT REGIONAL DAN INTERNASIONAL

Penelitian kebidanan yang diaplikasikan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat minimal 1 dosen per tahun sudah menjadi kegiatan wajib yang dilakuklan oleh para dosen pada tahun akademik 2020/2021.Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan secara regional maupun internasional yang bekerjasama dengan desa binaan dan Instituto Ciencia Da Saude (ICS) Dili Timor Leste.


Salah satu kegitan pengabdian masyarakat internasional adalah tentang jahe merah untuk meringankan sakit saat menstruasi yang dilakukan oleh Wijayanti, SST, M.Kes , M.Keb dengan Instituto Ciencia Da Saude (ICS) Dili Timor Leste yang dilaksanakan di SMP N2 Karangpandan bersama tim pengabdian masyarakat dan mahasiswa.
Selain itu pengabdian masyarakat juga dilakukan di desa binan yaitu penyuluhan dan pelatihan yang di berikan adalah tentang edukasi masa post partum, masa kehamilan, masa nifas, BBL, Remaja dan Perimenopause. Mahasiswa dalam kegiatan ini juga di ikutsertakan  untuk memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat.

DAFTAR PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT OLEH DOSEN DAN  MAHASISWA
PROGRAM STUDI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA DAN PRODI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN PROGRAM PROFESI
TA 2020/2021





NO

KETUA

MAHASISWA

JUDUL PENELITIAN

1

Desy Widyastutik, SST.,M.Keb

(NIK. 201685162)

1. Dian Fitriastuti (SB18003)

Upaya Peningkatan Kesehatan Ibu Postpartum Melalui Edukasi Family Centered Maternity Care (FCMC) Tentang Pijat Oksitosin di Wilayah Kerja Puskesmas Gambirsari Surakarta

2. Dwi Pratiwi (SB18004)

3. Afwa Nur Azizah (SB19001)

4. Alya Olifa Zunairobbi (SB19002)

5. Frily Aprilia (SB20010)

2

Deny Eka Widyastuti, SST.,M.Kes.,M.Keb

(NIK. 201188075)

1. Nadia Dwi W (B20010)

Optimalisasi Kesehatan Jiwa Ibu Hamil Melalui Buku Saku "Jasewa", Deteksi Dini, Dan Pencegahan Stress dengan 2M di Puskesmas Jaten 1, Wilayah Kerja DKK Karanganyar

2. Shafira Dinar P (B20011)

3

Ernawati, SST.,M.Kes.,M.Keb

(NIK. 201188075)

1. Anastasya Kristi (SB20005)

Upaya Peningkatan Pengetahuan dan keefektifan Program Keluarga Berencana Melalui Edukasi Alat Bantu Pengambilan Keputusan Dalam KB di PMB Mira Haryati Bangsalan Teras

2. Ayu Rahma (SB20006)

3. Diah Ayu Irani (SB20008)

4

Siti Nurjanah, SST.,M.Keb

(NIK. 201188093)

1. Aqaz Rohqiati (SB19005)

Pemberdayaan Ibu Menyusui, Keluarga, dan Kader Kesehatan dalam Program Laktasi di Wilayah Kerja Puskesmas Gambirsari Surakarta

2. Auliya Rahmawati (SB19006)

3. Harista Sari Q (SB19025)

4. Marzuqah Yitni P (SB20017)

5. Meylin (SB20018)

6. Ilham Gian Atmaja (PK18001)

5

Erinda Nur Pratiwi, SST.,M.Kes.,M.Keb

(NIK. 201391118)

1. Tri Anisah

Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Kader dan Ibu Anggota Posyandu Kinasih Tentang Kecemasan Masa Nifas di Posyandu Kinasih Desa Clolo Kota Surakarta

2. Valentina Goretty BR

3. Esstefi Mariano

4. Dian Ramadani

5. Rahma D

6

Tresia Umarianti, SST.,M.Kes

(NIK. 201383116)

1. Chusnul Karlina Lulu Damayanti (SB19010)

Upaya Peningkatan Ketrampilan Kader Tentang Metode BOM Massage dalam Kegiatan Pendampingan Ibu Nifas dan Keluarga

2. Chiendy Revina Kusuma Putri (SB19009)

3. Rika Ade Ima (SB18014)

4. Niea Darmawanti (SB20021)

7

Rahajeng Putriningrum, SST.,M.Kes

(NIK. 201083059)

1. Ayu ferlita Riyansanti

Upaya Pemberdayaan Ibu Hamil dalam Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Janin Masa Pandemi di Desa Grogol Sukoharjo

2. Meyka Thalita M

3. Mudrik Wulandari

8

Retno Wulandari, SST.,M.Keb

(NIK. 200985034)

1. Syafinatus Putri Hasanah (SB19042)

Pengaruh Edukasi Kesehatan Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Video Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Pada WUS di Posyandu tanggul Asri RW 10 Kadipiro Banjarsari Surakarta

2. Susi Sulistyowati (SB19041)

3. Hanifah Salimatul (SB19024)

4. Jesika Selly Amanda (SB20013)

5. Kristi Sabela (SB20014)

9

Wijayanti, SST.,M.Kes.,M.Keb

(NIK. 201284105)

1. Nadila Nanda Putri (SB20020)

Efforts To Increase Knowledge Of Ypung Women Throught Education About Red Ginger Extract (Zingiber Officinale) as a Herbal Medicine To Treat Menstrual Pain In Young Women in SMP Negeri 2 Karanganyar

2. Dhini Susan Marina (SB19014)

3. Ni Komang Triyana (SB20019)

10

Yunia Renny Andhikatias, SST.,MPH

(NIK. 201188092)

1. Meisa Ardela Putri (SB18010)

Upaya Peningkatan Kesehatan Bayi Balita Melalui Penyuluhan Pencegahan Stunting dengan Media Booklet di Posyandu Kasih Ibu Desa Bolon Colomadu

2. Mutiara Rizki Primadika (SB18011)

3. Nabila Dewayaning Indira (SB19033)

4. Nani Sumiati (SB19034)

5. Elsandria Rambu Danga (SB19017)

6. Linda Parwati (SB20015)

7. Martenci Yunita L (SB20016)

11

Megayana Yessy MAretha, SST.,M.Keb

(NIK. 201491135)

1. Intan Pandani (SB19028)

Penguatan Peran Kader dan Masyarakat dalam Upaya persiapan Kehamilan Sehat melalui Kegiatan Sikring Arus di Posyandu Kasih Ibu Perum Kopasus bolon Colomadu Surakarta

2. Maycindy Astuti (SB19029)

3. Melania Fitri (SB19031)

4. Merlinda Rachmawati (SB19032)

12

Aris Prastyoningsih, SST.,M.Keb

(NIK. 201987230)

1. Elvi Kumala Sari (SB18005)

Upaya Peningkatan Pengetahuan Kader Melalui Penyuluhan Penggunaan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Produksi ASI di Posyandu Kinasih di Kelurahan Banjarsari Kecamatan Banjarsari Surakarta

2. Bella Putri Lathifah (SB19007)

3. Bencelina Parety (SB19008)

4. Amanda Amalia (SB19003)

5. Rini Novita Sari (SB19040)

13

Ajeng Maharani, SST.,M.Keb

(NIK. 201991231)

1. Treni Yeni (SB19043)

Penyuluhan Kesehatan Tentang Pemeriksaan Tumbuh Kembang Balita Untuk Mendeteksi Dini Stunting di Posyandu Kinasih Desa Clolo Banjarsari Surakarta

2. Nita Aprilia (SB19036)

3. Ika Widyastutik (SB19026)

4. Yelsa Ayu Zahra (SB20025)

5. Sofiy Afifah (SB20026)