23 Aug
Admin
08:47:46

Kasapala Mengikuti Upacara HUT RI ke 71 di Pasar Bubrah Gunung Merapi

KASAPALA, Sebanyak 1500 pendaki dari berbagai daerah terkumpul di pasar bubrah gunung Merapi Jawa Tengah untuk mengadakan upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71.

Kami berangkat dari pos Selo (Plalangan, lencoh, Selo, Boyolali) dari mulai 16 Agustus sudah ada sekitar 1000 pendaki yang naik dan tanggal 16 agustus mulai malam hari rombongan pendaki berbondong bondong, berkelompok naik menuju titik kumpul pasar Bubrah yang berada di ketinggian 2900 Mdpl.

Udara dingin yang menyelimuti areal pasar Bubrah tak menyurutkan para pendaki untuk bertahan sampai tanggal 17 Agustus, mereka mendirikan camp di lokasi meski di terpa udara dingin semalaman.

Indiet Salah satu panitia dan petugas pengamanan menyampaikan, upacara di mulai jam 07.00 WIB di pimpin oleh Tri Admaja kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi,

dengan  pengibaran bendera dan pembacaan teks proklamasi. Setelah selesai upacara rombongan turun. Rombongan terakhir sampai di bascamp Selo jam 17.30 WIB.

Pelaksanaan Upacara di lakukan oleh TNGM bekerjasama dengan Barameru, SAR Klaten, Boyolali dan PMI. untuk mencapai tempat upacara sekitar 5 jam jalan kaki dan jalur yang sempit dilalui banyak pendaki  yang harus bergantian. Membutuhkan stamina yang prima untuk mampu mencapai lokasi, tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan anggota SAR Klaten ini bahwa nasionalisme para pegiat alam bebas,  disamping udara dingin, debu pasir merapi diatas pun menjadi tantangan sendiri serta situasi nuansa unik bahwa setiap pendaki masih dibebani membawa sampah turun, punkasnya.

Dalam kesempatan ekstrem tersebut ada  3 pendaki manca negara  yang nampak terlihat, dari informasi yang didapat dilapangan mereka dari Australia dan Finlandia yang studi di UKSW Salatiga.