26 Aug
Admin
01:43:38

Magang/Pendalaman materi BLS (Basic Life Support)

Magang/Pendalaman materi BLS (Basic Life Support)  di Kampus II Stikes Kusuma Husada (Foto Doc KNC Emergency)

Sabtu (06/08/2016) ,KNC Emergency mengadakan Magang / Pendalaman materi sekaligus diikuti dengan pelatihan BLS (Basic Life Support)

Materi di sampaikan oleh bapak Gatot Suparmanto, S.kep.,Ns.,M.Sc selauku pembina KNC-Emergency. Magang di lakukan dengan penyampaian materi dilanjutkan dengan praktik mandiri yang dilaksanakan di lab kampus 2 STIKes Kusuma Husada Surakarta.

 

Proses prakti kmandiri RJP ( Resusitasi Jantung Paru )_(Foto Doc KNC Emergency )

Resusitasi jantung paru (RJP), dilakukan setelah semua keadaan dinyatakan aman. Aman diri, aman lingkungan, dan aman korban. Setelah semua dinyatakan aman, kita sebagai penolong pertama, cek respon korban atau kesadaran korban. Jika korban tidak merespon bisa dilakukan cek nadi dan nafas pada prinsipnya jika ada nadi belum pasti ada nafas ,tapi jika ada nafas sudah dipastikan ada nadi. Jika setelah kita cek tidak ada nadi langsung kita kasih compresi. Compresi dilakukan 5 siklus yang per siklusnya terdiri dari 30 compresi : 2 nafas dengan kecepatan 120x/menit dan kedalaman 5-6cm. Setelah 5 siklus lalu kita cek nadi. Jika nadi ada tapi nafas tidak ada nafas kita lanjutkan rescue brithing sampai ada nafas. Ketika nadi dan nafas sudah ada lanjut disability atau look roll dan eksprosure untuk mencari luka atau cidera yang lain di seluruh tubuh.