18 Nov
Admin
10:38:42

Kegiatan International Conference Prodi Sarjana dan Ners Stikes Kusuma Husada Surakarta


Pada tangal 16 dan 17 November 2019, telah diselenggarakan kegiatan Pre Conference dan International Conference dengan tema “Holistic Nursing to Improve Palliative Nursing Care’s Quality”. Acara ini merupakan serangkaian acara The First Sada Inference yang diselenggarakan oleh Prodi Sarjanan Keperawatan dan Profesi Ners STIkes Kusuma Husada Surakarta yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu tgl 16 dan 17 November 2019 bertempat di Hotel Megaland Surakarta. Acara ini dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama adalah Pre conference (16 November 2019) dan Conference (17 November 2019).

Asuhan keperawatan Holistic sangat sesuai dengan kondisi perubahan sosial saat ini. Timbulnya berbagai penyakit baru khususnya yang membutuhkan palliatif care menuntut adanya pendekatan yang menyeluruh dalam perawatan pasien. Dimana perawatan tidak hanya berfokus pada fisik namun meliputi biologis, psikologis, sosial, kultural dan spiritual. Untuk menjawab tuntutan tersebut maka Prodi Sarjana  dan Ners menghadirkan  pembicara baik dalam dan luar negeri untuk mengupas tuntas masalah holistik khususnya di bidang palliatif care.


Kegiatan Pre Conference dilaksanakan pada tanggal 16 November 2019 yang diisi oleh 6 pembicara dari berabagai kompetensi area keperawatan diantaranya adalah Daisy R. Palompon, RN, MAN, PHD, DSCN dari Cebu Normal University Philippines (Gerontik), Ns. Yunita Wulandari, M.Kep dari STIKes Kusuma Husada Surakarta (Maternitas), Ns. Rufaida Nur Fitriana, M.Kep dari STIKes Kusuma Husada Surakarta (Komunitas), DR. Laurence L. Garcia dari Cebu Normal University Philippines (Jiwa), Ns. Wahyu Rima Agustin., M.Kep dari STIKes Kusuma Husada Surakarta (Kritis) dan Ns. Galih Setia Adi., M.Kep dari STIKes Kusuma Husada Surakarta (Medikal/Bedah).


Acara ini diikuti oleh 202 peserta dari dalam negeri dan luar negeri (Uganda dan Thailad). Setiap peserta dapat memilih kelas mana yang ingin diikuti sesuai dengan peminatan masing-masing. Dalam Pre conference tersebut peserta tampak antusias untuk menggali ilmu dari para pakar yang dihadirkan dan terdapat diskusi yang hangat antara peserta dan speaker dalam membahas Holistic and Palliatif care di Indonesia dan Filipina.


Kegiatan Conference dilaksanakan pada tanggal 17 November 2019. Acara ini dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama adalah Seminar international dan sesi kedua adalah Oral/Poster presentation. Kegiatan dimulai dengan registrasi dan pembagian seminar kit kepada peserta kemudian dilanjutkan safety breafing, pemutaran video profil Kusuma Husada Surakarta, menyanyikan Indonesia Raya dan sambutan dari Ketua Yayasan Kusuma Husada. Materi seminar dibagi menjadi dua termnin yaitu termin pertama dengan pembicara Shu – Jen Chen., MSc.PhD (Central Taiwan University of Science and Technology) dengan tema Therapeutic Art Drawing dan Suhartini, S.Kp., MNS., Ph.D. (Nursing Department, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro, Indonesia) dengan tema Development and Trend of Hoolistic Nursing in Indonesia. Termin kedua diisi oleh Daisy R. Palompon, RN., MAN., PhD., DScN. (Vice President for Academic Affairs Cebu Normal University) dengan tema Development of Holistic Nursing in Palliative Care for Elderly dan Ns. Febriana Sartika Sari, M.Kep. (Department Of Psychiatric Nursing, KusumaHusada School of Health, Surakarta) dengan tema The Role of Nurse in Palliative Care.


Kegiatan seminar berjalan dengan lancar dan diskusi sangat interaktif. Beberapa pertanyaan dari peserta terkait dengan Trend isu keperawatan palliatif di Taiwan, Filipina dan Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh 304 peserta. Acara seminar di closing pada jam 12.00 untuk ISHOMA dan dilanjutkan sesi ke dua yaitu Oral/Poster Presentation.

Acara Oral Presentation dibagi menjadi 3 ruangan dan Poster presentation dilakukan di depan Pacific hall. Reviewer untuk Room 1 adalah Ns. setiyawan., M.Kep dan Suhartini., SKp., MNS., PhD, dengan 8 peserta , reviewer room 2 adalah Dr. Jen Shu Chen dan Ns. Wahyuningsih safitri., M.Kep dengan 9 peserta, reviewer room 3 adalah Laurence L. Garcia., RN., DScN, dan Ns. Rufaida Nur Fitriana., M.Kep dengan 8 peserta. Sedangkan Poster Presentation diikuti oleh 6 peserta dengan reviewer Ns. Dewi Suryandari., M.Kep dan Dra. Agnes Sri Harti., Msi. Acara Poster dan Oral presentation dimulai pukul 13.00 s/d 15.00. Kemudia acara ditutup dengan penyerahan sertifikat untuk masing-masing reviewer dan pengumuman 3 terbaik oral dan Poster presentation. Untuk the best Poster diraih oleh Farida dengan judul DOTS Program as a Treatment For Pulmonary Tuberculosis Patient. Sedangkan untuk terbaik pertama Oral presentation di raih oleh Ike Wuri Winahyu sari dengan judul Complementary and alternative Medicine use among cancer patients, terbaik kedua diraih oleh Isnaini Rahmawati dengan judul The effect of mungbean on blood pressure in hypertensive patients in dharma Bhakti Kasih nursing home of Surakarta dan terbaik ketiga diraih oleh Ika Subekti Wulandari dengan judul The Influence of giving CPR dance to the basic life support skills of children in SD 2 Selokaton Karanganyar.

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada masing-masing peserta dan reviewer yang telah berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan The First Sada Inference yang diselenggarakan oleh Prodi Sarjanan Keperawatan dan Profesi Ners STIkes Kusuma Husada Surakarta dan sampai berjumpa di The Second Sada Inference tahun depan.