18 Nov
Admin
11:04:01

Kegiatan International Conference Prodi Sarjana Dan Ners Stikes Kusuma Husada Surakarta


Pada tangal 16 November 2019, telah diselenggarakan kegiatan Pre Conference dengan tema “Holistic Nursing to Improve Palliative Nursing Care’s Quality”. Acara ini merupakan serangkaian acara The First Sada Inference yang diselenggarakan oleh Prodi Sarjanan Keperawatan dan Profesi Ners STIkes Kusuma Husada Surakarta yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu tgl 16 dan 17 November 2019 bertempat di Hotel Megaland Surakarta. Acara ini dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama adalah Pre conference (16 November 2019) dan Conference (17 November 2019).

Asuhan keperawatan Holistic sangat sesuai dengan kondisi perubahan sosial saat ini. Timbulnya berbagai penyakit baru khususnya yang membutuhkan palliatif care menuntut adanya pendekatan yang menyeluruh dalam perawatan pasien. Dimana perawatan tidak hanya berfokus pada fisik namun meliputi biologis, psikologis, sosial, kultural dan spiritual. Untuk menjawab tuntutan tersebut maka Prodi Sarjana  dan Ners menghadirkan  pembicara baik dalam dan luar negeri untuk mengupas tuntas masalah holistik khususnya di bidang palliatif care.

Kegiatan Pre Conference ini diisi oleh 6 pembicara dari berabagai kompetensi area keperawatan diantaranya adalah Daisy R. Palompon, RN, MAN, PHD, DSCN dari Cebu Normal University Philippines (Gerontik), Ns. Yunita Wulandari, M.Kep dari STIKes Kusuma Husada Surakarta (Maternitas), Ns. Rufaida Nur Fitriana, M.Kep dari STIKes Kusuma Husada Surakarta (Komunitas), DR. Laurence L. Garcia dari Cebu Normal University Philippines (Jiwa), Ns. Wahyu Rima Agustin., M.Kep dari STIKes Kusuma Husada Surakarta (Kritis) dan Ns. Galih Setia Adi., M.Kep dari STIKes Kusuma Husada Surakarta (Medikal/Bedah).

Acara ini diikuti oleh 202 peserta dari dalam negeri dan luar negeri (Uganda dan Thailad). Setiap peserta dapat memilih kelas mana yang ingin diikuti sesuai dengan peminatan masing-masing. Dalam Pre conference tersebut peserta tampak antusias untuk menggali ilmu dari para pakar yang dihadirkan dan terdapat diskusi yang hangat antara peserta dan speaker dalam membahas Holistic and Palliatif care di Indonesia dan Filipina.

Download Proceeding of The First Kusuma Husada International Nursing Conference