01 Nov
Admin
01:07:22

“SDKI, SLKI, SIKI" bagi Mahasiswa

Sebagai seorang calon perawat atau pemberi pelayanan kesehatan langsung kepada pasien. Maka sangat penting sekali bagi mahasiswa keperawatan memahami, menggunakan, dan mengaplikasikan 3S yaitu SDKI (Standart Diagnosis Keperawatan Indonesia), SLKI (Standart Luaran keperawatan Indonesia) dan SIKI (Standart Intervensi Keperawatan Indonesia) saat akan praktik di lapangan atau Rumah Sakit.

Pada saat ini mahasiswa masih menggunakan NANDA, Nursing Outcome Classification (NOC), Nursing Intervention Classification (NIC)  merupakan sebagai standar diagnosa, Outcome dan intrvensi yang dibuat untuk pasien. Kita menyadari bahwa NANDA, NIC, NOC adalah standar diagnosa keperawatan, Outcome dan intrvensi yang dibuat oleh Amerika yang tentunya sangat berbeda secara kultur dan kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Persatuan Perawat Nasional Indonesia  (PPNI) meyusun buku SDKI, SLKI dan SIKI yang sesuai dengan keadaan di Indonesia. Maka dari ituSTIKes Kusuma Husada Surakarta membuat acara seminar 3S (SDKI, SLKI, SIKI) untuk memperkenalkan dan memahami dalam penentuan diagnose, mentukan Outcome dan intrvensi yang tepat. Maka dari itu STIKes Kusuma Husada Surakarta membuat acara kuliah pakar tentang “3S (SDKI, SLKI, SIKI)”.

 

Kuliah Pakar 3S (SDKI, SLKI, SIKI) dilakasanakan pada hari Selasa, 29 Oktober 2019. Waktu pelaksanaan dari jam 13.00 – 16.00 WIB. Matei diberikan langsung oleh tim yang ditunjuk oleh PPNI Pusat untuk menjelaskan matet SDKI,SLKI dan SIKI. Dengan pembicara 2 ahli pakar pada kegiatan 3S (SDKI, SLKI, SIKI)

  1. Ns. Dally Rahman, M.Kep, Sp.Kep.KMB
  2. Ns. Erlin Ifadah, M.Kep, Sp.Kep.KMB

Acara kuliah pakar 3S (SDKI, SLKI, SIKI) ini diikuti oleh  mahasiswa tingkat III Prodi D3 Keperawatan.

Acara kuliah pakar ini Dilaksanakan di AULA Gedung 4 Kampus STIKes Kusuma Husada Surakarta.

 

Peserta tampak antusias dalam mengikuti kegiatan ini, hal tersebut dapat dilihat dari sikap peserta yang serius dalam memahami apa yang disampaikan oleh para pemateri. Pada saat pemateri memberikan contoh kasus mahasiswa antusias dan banyak yang mengajukan pertanyaan terhadap kasus yang diberikan.

Acara berjalan lancar dan banyak mahasiswa yang aktif mengajukan pertanyaan tentang bagaimana penentuan diagnosa, perencanaan dan impementasi sesuai yang terstadar di buku SDKI, SLKI, SIKI.

Dengan acara tersebut, diharapkan, mahasiswa bisa memahami penggunaan buku 3S dalam menyusun asuhan keperawatan.